Berita Banjarmasin

Penangkapan Warga Banua Bawa Sabu di Bandara Kualanamu, Ini Kata Kepala BNNP Kalsel

Penangkapan pemuda asal Kalimantan Selatan di Bandara Internasional Kualanamu Medan yang membawa sabu mendapat perhatian tersendiri

Penangkapan Warga Banua Bawa Sabu di Bandara Kualanamu, Ini Kata Kepala BNNP Kalsel
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
beberapa waktu lalu BNNP Kalsel tangkap wanita oembawa sabu asal luar kalsel. Brigjen Marsauli perlihatkan BB 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penangkapan pemuda asal Kalimantan Selatan di Bandara Internasional Kualanamu Medan yang membawa sabu mendapat perhatian tersendiri dari Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan (BNNP) Selatan Brigjen Marsauli Siregar.

Kala dikonfirmasi Jendral bintang satu ini mempunyai analisis tersendiri terhadap peran pelaku tersebut.

"Kalau menurut analisis saya pribadi mereka itu kurir. Seperti kita tangkap beberapa waktu lalu pembawa sabu dis-ni orang Lampung, dan lainnya. Mereka itu adalah kurir. Kalau sabu dari sini (Banjarmasin, Red) dibawa kesana (Medan, Red) kayaknya tidak lah," papar Marsauli ketika dikonfirmasi.

Menurutnya kurir-kurir sabu saat ini bisa melaksanakan aksi membawa barang untuk lintas daerah hingga negara. Kurir atau kuda ini sekarang cukup trend, mereka beragam asalnya seperti pihak BNNP Kalsel tangkap beberapa waktu lalu ada dari Lampung, Medan dan lainnya.

"Mereka kurir profesional ada jaringannya tersendiri dan sangat-sangat tertutup," jelas Marsauli.

Pihak BNNP Kalsel pun beberapa kali menangkap pembawa sabu termasuk dua wanita asal Lampung yang kedapatan membawa setengah kilo sabu di BH dan pembalut .

Sebelumnya, empat pemuda asal Kalimantan terciduk petugas Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) membawa narkotika jenis sabu-sabu sekira pukul 21.49 WIB, Jumat (8/9/2017).

Empat tersangka masing-masing Arif Rahman Yuliandi Syahputra (22) warga Jl Batang Hambalang, Kecamatan Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Barabai, Kalimantan Selatan dan Egy Herfin Ruben (22) warga Jl Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Barabai, Kalimantan Selatan.

Diketahui, kedua tersangka adalah mahasiswa.

Kemudian, dua tersangka lainnya yakni Akhmad Nor Abidin (25) warga Jl Bali, Gang Bonaan RT 15, Banjarmasin Tengah, serta Verdy Fauzan (19) warga Jl Setia Budi, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

Dari tangannya, petugas menemukan empat paket sabu-sabu yang dikemas dengan balutan isolasi putih dengan berat yang beragam. 715 gram, 289 gram, 750 gram dan 645 gram.

"Mereka ini dari seluruhnya dari Kalimantan. Tertangkap petugas Avsec Bandara Kualanamu yang bertugas di SCP II secara manual touch body," kata Kabid Humas Polda Sumut, Rina Sari Ginting, Sabtu (9/8/2017).

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved