Sport

NEWSVIDEO: Asah Otak di Turnamen Catur Cepat Terbuka ULM Cup II 2017

Turnamen Catur Cepat (G-25) Terbuka, Rektor ULM Cup II 2017 secara resmi dibuka di gedung Serba Guna ULM Banjarmasin, Sabtu (16/9/2017)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Turnamen Catur Cepat (G-25) Terbuka, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Cup II 2017 secara resmi dibuka, di Gedung Serba Guna ULM, Banjarmasin, Sabtu (16/9/2017).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor ULM, H Sutarto Hadi. Ia menuturkan, Kalsel memiliki sejarah bagus dalam melahirkan pecatur-pecatur handal baik di tingkat nasional hingga internasional. Ia berharap ajang ini dapat menjadi faktor kebangkitan olahraga catur di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ketua Panitia Pelaksana, Yohanes mengatakan, sebanyak 206 pecatur mengikuti ajang ini. Di antaranya 106 peserta di nomor senior putra, 60 peserta di nomor junior putra, dan 40 peserta nomor junior putri.

"Tidak hanya 10 kabupaten/kota se Kalsel yang ikut, ada juga dua kabupaten dari Kalimantan Tengah (Kalteng), yakni Kotawaringin Barat dan Kuala Kapuas, serta ada 25 pecatur bergelar master nasional yang turut serta," terang Yohanes.

Sebelum pertandingan dimulai, secara simbolis dilakukan pertandingan eksebisi kilat antara Ketua Umum Persatuan

Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, HM Amin berhadapan dengan Rektor ULM, H Sutarto Hadi.

Pembukaan turnamen itu dihadiri pula Ketua Umum KONI Banjarmasin, H Djumadri Masrun, Kadispora Kota Banjarmasin, AN Djaya, serta Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, HG (P) HG (P) Rusdi Effendi AR.

Dalam sambutannya, HM Amin mengucapkan terima kasih atas komitmen ULM menggelar turnamen ini demi memajukan olahraga catur di Kalsel.

"Saya berharap tidak hanya ULM, tapi instansi lain juga mempertandingkan kejuaraan catur, untuk mengasah keahlian dan menambah jam terbang pecatur junior," ujarnya.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia Pelaksana, Yohanes mengharapkan ajang ini dapat melahirkan bibit-bibit junior baru pecatur andal Kalsel baik putra maupun putri. (*)

Penulis: Mariana
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved