Berita Balangan

Beberapa Desa di Balangan Belum Setor Pajak, Ini Berbagai Alasannya

"Dulukan manual sekarang online, jadi menyesuaikan dulu, aturannya harus diketahui agar tidak salah," ujarnya.

Beberapa Desa di Balangan Belum Setor Pajak, Ini Berbagai Alasannya
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
Para aparat desa dan bendahara memgikuti serius mengikuti sosialisasi monitoring keuangan dana desa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Ada tiga kemungkinan kenapa desa belum melakukan kewajiban pembayaran pajak. Pertama, belum tahu, lalu kedua, tahu tapi belum membayar dan ketiga belum ada kegiatan.

Beberapa desa dari 47 desa di Kabupaten Balangan yang belum memenuhi kewajiban pajaknya beralasan bahwa sistem online menjadi satu alasan karena harus menyesuaikan terlebih dulu.

Baca: Gol Terbaik Pekan Ke-24 Liga 1, Ada Nama Pemain Barito Putera, Lihat Videonya

Namun, ada pula yang masuk dalam tiga alasan yang disampaikan oleh pihak DPMD Balangan.

Bendara Desa Sumber Agung, Sapidi kepada BPost Online mengatakan, desanya sudah membayar pajak hanya saja belum melaporkan karena masih belum memahami sistem administrasi pelaporannya.

"Dulukan manual sekarang online, jadi menyesuaikan dulu, aturannya harus diketahui agar tidak salah," ujarnya.

Sementara itu Kades Tabuan, Mukri beralasan belum dipenuhinya kewajiban pajak dikarenakan ada pergantian bendara distruktur desanya sehingga kembali harus menyesuaikan.

"Belum dibayarkan, karena bendahara kami lagi beganti, selain itu juga memahami administrasinnya terlebih dulu, kan sekarang online," katanya.

Sama halnya dengan Desa Mihu, sistem administrasi pelaporan secara online menjadi alasan sehingga kewajiban pembayaran pajak belum dilakukan.

Adapun Desa Palajau, uang untuk pembayaran pajak sudah ada hanya saja belum disetorkan, selain itu juga ingin menyesuaikan dengan sistem yang ada.

"Secepatnya akan kami setorkan, uangnya juga sudah ada," ujar Pjs Kades Palajau, Buldani.

Kepala KP2KP Paringin, Bambang Efriyono P mengatakan pihaknya lebih konsen memberikan edukasi kepada desa bahwa ini ada kewajiban dan hak mereka dalam mengelola keuangan desa yaitu membayar pajak.

"Silahkan datang ke kantor dan kami siap membantu apa yang menjadi kendala desa, jangan sampai desa bermasalah hanya gara-gara tidak bayar pajak," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved