OTT KPK di Banjarmasin

Nasib Perda Penyertaan Modal PDAM Terus Jalan, Meski Tanpa Fasilitas Kemendagri

Raperda tentang penyertaan modal Pemerintah Kota ke PDAM Bandarmasih yang telah diketok oleh anggota dewan di DPRD Kota, bakal terus berlanjut.

Nasib Perda Penyertaan Modal PDAM Terus Jalan, Meski Tanpa Fasilitas Kemendagri
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Sejumlah ruangan di DPRD Kota Banjarmasin disegel penyidik KPK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Nasib Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyertaan modal Pemerintah Kota ke PDAM Bandarmasih yang telah diketok oleh anggota dewan di DPRD Kota, bakal terus berlanjut.

Penanganan kasus di KPK tidak akan menganulir produk hukum daerah yang sudah diketok dan sudah disyahkan. Sebab yang dipersoalkan KPK bukan perdanya hanya saja dana 'pelicin' pengurusan raperda tersebut.

Kepala Biro Hukum Pemprov Kalsel, Fydayyen, Senin (18/9) menjelaskan bahwa sampai kini perda tersebut masih dalam tahap proses evaluasi dan sudah dilakukan fasilitasi.

"Fasilitasi dari Pemprov Kalsel sudah memfasilitasinya untuk evaluasi. Dan diproses. Namun pemberian register masih belum masih menunggu dan terus berjalan," kata Fydayyen.

Menurut Fyddayen perda tersebut masih tetap bisa berjalan dan dijalankan meski tanpa fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri.

"Iya sebab non fasilitasi, jadi bisa dilanjutkan. Namun kini masih dievaluasi, dan proses pemberian nomor registrasi," kata dia.

Seperti diketahui, Pemko Banjarmasin bakal melakukan penyertaan modal sebesar Rp 1 Triliun ke PDAM Bandarmasih.

Dimana penyertaan modal tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak 2005 lalu. Penyertaan modal yang diterima PDAM nantinya bukan sematan - mata berbentuk pendanaan, namun melainkan bisa dalam bentuk aset.

Misalnya, bantuan perpipaan, serta fasilitas penunjang lainya yang diberikan baik oleh Luar Negeri, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kota, yang diterima secara bertahap terhitung dari 2018 sampai 2021.

Dana itu adalah bukan dana segar akan tetapi adalah bertahap hingga 2021 nanti.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved