Berita Banjarmasin

Ambil dari Sungai Martapura, PDAM Bandarmasih Jamin Air Olahannya Layak Konsumsi

PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin masih mengandalkan Sungai Martapura sebagai sumber air baku yang dikonsumsi oleh warga Banjarmasin dan sekitarnya.

Ambil dari Sungai Martapura, PDAM Bandarmasih Jamin Air Olahannya Layak Konsumsi
Banjarmasin Post
Banjarmasin Post Edisi 19 September 2017 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin masih mengandalkan Sungai Martapura sebagai sumber air baku yang dikonsumsi oleh jutaan warga Banjarmasin dan sekitarnya.

Meski air Sungai Martapura telah tercemar bakteri E-Coli sehingga sangat jauh dari baku mutu alias sangat tidak layak dikonsumsi, namun Yudha Ahmadi, Plt Dirut PDAM Bandarmasih berujar, baku mutu air baku PDAM sampai saat ini tak ada masalah.

Disebutkan dia, belum ada intrusi air laut, sehinga bahan baku masih diambil dari Sungai Martapura dan Sungai Tabuk.

“Kami belum bisa prediksi musim kemarau, karena masih kemarau basah. Baku mutu air akan mengkhawatirkan jika terjadi intrusi air laut,” ujarnya.

Sementara terkait bakteri E-Coli yang tinggi, kata Yudha, melalui proses penyulingan di PDAM, bakteri itu hilang melalui proses filter, ditambah disenfektan, “Sehingga kami pastikan air PDAM dijamin nol E-Coli,” ujarnya.

Yang dikhawatirkan, lanjut dia, kalau kemarau berkepanjangan sementara air laut masuk. “Ini yang tidak bisa diprediksi,” imbuh Yudha. (*)

Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved