Berita Banjarmasin

Angkat Balamut, Siswa SMPN 6 Banjarmasin Tembus 12 Besar Nasional Karya Tulis

Penilaian menghasilkan 12 orang finalis yang akan dihadirkan di Jakarta bersama guru pembimbing pada 8-11 Oktober 2017.

Angkat Balamut, Siswa SMPN 6 Banjarmasin Tembus 12 Besar Nasional Karya Tulis
Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar
Muhammad Maulidan Anwar bersama Kepala SMPN 6 Banjarmasin, Johanis dan guru pembimbing, Mariana. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Muhammad Maulidan Anwar dari SMPN 6 Banjarmasin berhasil masuk 12 besar nasional Lomba Karya tulis tingkat SMP dengan menyisihkan 228 peserta dari 96 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

"Saya mengangkat kesenian khas Kalsel, Balamut di lomba karya tulis itu. Saya tidak menyangka sama sekali bisa masuk 12 besar tingkat nasonal," papar siswa kelas IX B ini, Rabu (20/9/2017).

Selain Mauldan dari SMPN 6 Banjarmasin, yang masuk 12 besar diantarany Yohanes Maszandy dari Kota Kupang, NTT, Cahaya Ramadanti, Kota Mataram (NTB), Luh Nityaswari L, Kab.Karang Asem (Bali), Yovita Yuniati Christy, Merauke, (Papua),

Lalu, Raymond David, Kota Jambi, Putri Anisa, Kota Surabaya (Jawa Timur), Nadhia Ayu Adiwinata, Lampung Barat (Lampung), Kharisma Putri Nurbaiti, Pati, (Jateng), Aisyah Nurul Nisa Mahulette, Buru Selatan (Maluku).

Kepala SMPN 6 Banjarmasin, H Johanis didamping pembimbing, Hj Mariana, penilaian Lomba Karya Tulis Siswa SMP/Sederajat dengan tema “ Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal Melalui Media Sosial, seleksi tahap I dan II telah berlangsung 5 sampai 15 September 2017.

Lomba merupakan kerja sama Dharma Wanita Persatuan dengan Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai tindak lanjut Hasil Rapat Kerja Nasional Komisi B1 Bidang Pendidikan tahun 2017.

Naskah yang diterima melalui email DWP sampai saat penutupan lomba pada tanggal 1 September 2017 berjumlah 228 dari 96 kabupaten/kota dan penilaian dilakukan dalam 3 tahapan.

Tahap I pemilahan naskah sesuai persyaratan lomba dilaksanakan di Kantor DWP Pusat, 5- 9 September 2017 . Tahap I merupakan seleksi administratif di antaranya setiap DWP Kabupaten/kota hanya mengirimkan 1 naskah dan DWP Provinsi mengirimkan 2 naskah, merupakan karya tulis perorangan serta isi sesuai dengan tema.

Tahap I menghasilkan 53 naskah. Tahap kedua, penilaian 53 naskah oleh Dewan Juri dilaksanakan 13 sampai 15 September 2017 bertempat di Hotel Ibis Slipi Jakarta Barat.

Dewan juri terdiri Prof Dr Hafid Abbas dari UNJ, Arief Maulana dari SCTV dan Dra Dad Murniah M.Hum. dari Lembaga Bahasa.

Penilaian menghasilkan 12 orang finalis yang akan dihadirkan di Jakarta bersama guru pembimbing pada 8-11 Oktober 2017.

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved