Ekbis

Harga Elpiji 3 Kg Sempat Melambung, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Birhasani

Harga Elpiji 3 Kg  Sempat Melambung, Ini yang Dilakukan Pemerintah
banjarmasinpost.co.id/acm
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Birhasani imbau para kepala daerah tingkat Kabupaten dan Kota untuk perketat pengawasan distribusi gas Elpiji 3 kilogram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Birhasani imbau para kepala daerah tingkat Kabupaten dan Kota untuk perketat pengawasan distribusi gas Elpiji 3 kilogram.

Pengawasan khususnya di tingkat eceran di daerah-daerah Kalsel yang berbatasan dengan Provinsi tetangga.

"Pengawasan ini kewenangan Pemerintah Kabupaten dan Kota, dikhawatirkan di level eceran stok elpiji kita ada yang menyeberang ke Provinsi lain," kata H Birhasani.

Simak juga: NEWSVIDEO: Begini Kemeriahan Banjarmasin Night Carnival 1 Muharam 2017

Hal ini disampaikannya terkait sempat melambungnya harga gas elpiji di beberapa daerah di Kalsel beberapa waktu lalu, padahal menurutnya suplai gas elpiji dari Pertamina untuk Kalsel sudah mencukupi.

Ia juga mengimbau kepada para pengusaha level agen dan pangkalan untuk mengedukasi pedagang ecerannya agar tidak menjual elpiji 3 kilogram terlalu jauh dari harga eceran tertinggi (HET).

"Kalau bisa ada upaya edukasi dari agen dan pangkalan, dengan ancaman kalau menjual terlalu tinggi penjualan akan distop ke pengecer tersebut dan dialihkan ke pengecer lain," terang Birhasani.

Baca juga: Palm Hotel Gelar Promo Bertajuk 'September Ceria', Apa Ya?

Ia juga memberikan saran alternatif untuk dibentuknya tim pengawasan di tingkat Kabupaten dan Kota yang terdiri dari berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan pihak kepolisian seperti halnya satgas pangan pada periode bulan Ramadan lalu, namun khusus mengawasi distribusi gas elpiji.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved