Kubu Konservatif Tuding Paus Fransiskus Sebarkan 7 Ajaran Sesat, Salah Satunya Soal Cerai

Puluhan cendekiawan dan rohaniwan Katolik Roma yang konservatif menuding pemimpin tertingginya, Paus Fransiskus, menyebarkan ajaran sesat kepada umat

Kubu Konservatif Tuding Paus Fransiskus Sebarkan 7 Ajaran Sesat, Salah Satunya Soal Cerai
AFP PHOTO
Paus Fransiskus 

BANJARMASINPOST.CO.ID, ROMA - Puluhan cendekiawan dan rohaniwan Katolik Roma yang konservatif menuding pemimpin tertingginya, Paus Fransiskus, menyebarkan ajaran sesat kepada umat.

Seperti dilaporkan situs berita CNN, Senin (25/9/2017), langkah kubu konservatif itu terbilang berani tetapi hampir pasti takkan mampu menggoyahkan Paus dan kepausan yang berpikiran reformis.

Baca: LIVE STREAMING Kalteng Putra Vs Persebaya, Laga Bisa Ditonton di Sini

Surat yang dipublikasikan secara luas, yang memiliki ulasan teologis yang kuat, telah serahkan kepada Paus. Surat itu diteken 40 orang pada 11 Agustus.

Sejak itu pula telah bertambah lagi 22 tanda tangan dan dirilis ke publik pada Sabtu (23/9/2017).

Dalam siaran persnya, kubu konservatif mengatakan, mereka bersuara untuk mewakili "sejumlah besar" kaum klerus dan umat awam yang "tidak memiliki kebebasan berbicara".

Kubu konservatif tidak langsung menuding Paus itu telah menjadi bidaah, tetapi ia dituding mendukung “posisi-posisi sesat” tentang “pernikahan, moralitas, dan ekaristi”.

Paus Fransiskus belum menanggapi surat tersebut secara terbuka dan Vatikan menolak untuk berkomentar.

Kubu konservatif tersebut menyebut tantangan mereka itu sebagai "koreksi keluarga" Paus dari "putra dan putri spiritualnya".

"Hukum gereja sendiri mensyaratkan agar orang yang memiliki kompetensi tidak tinggal diam saat gembala Gereja menyesatkan kawanan dombanya," kata para sarjana dan rohaniwan Katolik konservatif itu.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved