Kalsel Andalkan Varietas Endemik Gaharu Aquilaria Microcarpa

Hal ini sebagai upaya megoptimalkan budidaya gaharu sebagai komoditas hasil hutan bukan kayu di Banua

Kalsel Andalkan Varietas Endemik Gaharu Aquilaria Microcarpa
http://sweetgaharu.blogspot.co.id/
Gaharu Aquilaria Microcarpa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan akan mulai fokus mengembangkan tanaman gaharu endemik varietas Aquilaria Microcarpa. Hal ini sebagai upaya megoptimalkan budidaya gaharu sebagai komoditas hasil hutan bukan kayu di Banua.

Seperti disampaikan Kasi Evaluasi BP DAS HL Barito, Giri Suryanta pada Pelatihan Produksi HHBK Tahun 2017 di Lerina Inn, Banjarbaru, Rabu pekan lalu. “Kalsel akan unggulkan gaharu endemik Aquilaria Microcarpa,” sebut Giri yang mewakili Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurrofiq.

Untuk pengembangan dan pemanfaatan produk gaharu, bersama pihak terkait membuat Roadmap Gaharu Kalsel yang mengawal mulai dari potensi, pelaku usaha, produk unggulan, lahan, investor, industri sampai pemasaran secara terintegrasi.

Berdasarkan data perbenihan Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan Kementerian LHK, dari 32 sumber benih di Kalsel, 15 atau separonya merupakan sumber benih gaharu yang telah bersertifikat. Jenis gaharu tersebut adalah Aquilaria microcarpa dan Aquilaria malaccensis dengan total luasan sumber benihnya adalah 22,17 hektare tersebar di Kotabaru, Tapin, HSS, HSU, HST, Tabalong dan Balangan.

Sedangkan target pembibitan pada Persemaian Permanen BPDASHL Barito pada angka 215.000 batang di 2017 yang rerata diambil dari sumber benih tersebut. Hal ini sejalan dengan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK.396/MenLHK/PDASHL/DAS.2/8/2017 tentang Penetapan Jenis Tanaman Hutan Yang Sumber Benihnya Harus Dari Sumber Benih Bersertifikat Yaitu Kemiri, Gaharu, Kayu Putih, Cendana dan Pinus. (*)

Tags
gaharu
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved