Berita Banjarmasin

Kasus Penipuan Batu Bara, Majelis Hakim Turunkan Status Tiga Terdakwa Jadi Tahanan Kota

Jaksa untuk kasus ini Arif Rahman SH ketika dikonfirmasi, Rabu (4/10/2017) pagi membenarkan ketiga terdakwa kembali mendapatkan penahanan kota.

Kasus Penipuan Batu Bara, Majelis Hakim Turunkan Status Tiga Terdakwa Jadi Tahanan Kota
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Persidangan dugaan penipuan batu bara di PN Banjarmasin menghadirkan tiga terdakwa, beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID-BANJARMASIN - Tiga terdakwa kasus dugaan penipuan penjualan batu bara yakni M Ardi, Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon sepertinya sementara ini kembali bisa bernafas lega',

Setelah sempat dipindahkan majelis hakim PN Banjarmasin penahanannya dari tahanan kota menjadi tahanan (tahaan rutan) dan ditahan pada Selasa (2/9/2017) lalu, kini ketiganya bisa bernafas lega.

Pada sidang Selasa (3/10/2017) siang kemarin, oleh majelis hakim yang sama yakni Heri Sutanto SH yang juga Ketua PN Banjarmasin, ketiga terdakwa statusnya kembali dipindahkan menjadi tahanan kota.

Otomatis dengan dipindahnya status tahanannya, ketiga terdakwa ini tak lagi ditahan di rutan meski proses persidangan kasus ini tetap berlanjut.

baca juga: Menyedihkan! Ada Diskriminasi Kaum Difabel di Kalsel, Adakah Bursa Kerja untuk Mereka?

Jaksa untuk kasus ini Arif Rahman SH ketika dikonfirmasi, Rabu (4/10/2017) pagi membenarkan ketiga terdakwa kembali mendapatkan penahanan kota.

"Iya ketiganya mendapatkan tahanan kota," ucap Arif pendek ketika dihubungi.

Menurutnya untuk minggu depan agendanya adalah masih pemeriksaan saksi-saksi.

Sebelumnya dua tersangka kasus penipuan Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon, didakwa telah melanggar pasal tindak pidana membantu melakukan kejahatan Penipuan atau melakukan kejahatan Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHPidana Jo. Pasal 56 ke 2 KUH Pidana atau Pasal 378 KUHPidana Jo. Pasal 56 ke 2 KUH Pidana.

Kemudian berselang satu minggu baru lah terdakwa M Ardi, menyusul menjalani proses persidangan.
Untuk terdakwa Pierson Tambunan dan Andrew Bonnie Boentoro merupakan pengembangan dari penyidikan kasus penipuan batubara yang dilakukan oleh terdakwa M Ardi,

Modus dari para terdakwa dalam menjalankan aksinya adalah diduga dengan cara menjadi orang dalam perusahaan pembeli batubara, namun diam-diam bekerjasama dengan pihak makelar/penjual batubara untuk menyampaikan informasi yang tidak benar kepada pemilik perusahaan pembeli batubara agar meyakinkan pembeli batubara agar membeli batubara dari penjual yang ternyata spek barang, pengiriman dan pengapalan tidak sesuai dengan yang diharapkan. (*)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved