Berita HST

Dana Desa Boleh untuk Perbaiki Tempat Ibadah dan Bangun Poskamling

Bupati HST, H Abdul Latif mengingatkan, agar seluruh pembakal dan aparatnya agar dapat mengelola dana desa secara efektif dan efisien

Dana Desa Boleh untuk Perbaiki Tempat Ibadah dan Bangun Poskamling
Istimewa
Bupati HST H Abdul Latif, saat berdialog dengan warga Desa Banua Jingah, di Masjid Takwa, Kecamatan Barabai, HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Penggunaan dana desa untuk kebututuhan mendesak masyarakat desa, diperbolehkan saja.

Sebab, jika meminta bantuan pemerintah kabupaten, prosesnya cukup panjang, mulai pengajuan ke DPRD HST, pembahasan hingga persetujuan, kadang menghabiskan waktu lama.  

“Contohnya untuk perbaikan tempat ibadah, baik masjid, langgar dan musala. Juga untuk membangun Poskaling, bisa saja menggunakan dana desa,”kata Bupati HST H Abdul Latif , saat berdialog dengan warga Desa Banua Jingah, di Masjid Takwa, desa tersebut.  

Namun, Latif mengingatkan, agar seluruh Pembakal dan aparatnya se- HST   agar dapat   mengelola dana desa secara efektif dan efisien, termasuk menggunakan anggaran Pendapatan dan Belanja Desa untuk hal-hal yang mendesak diperbaiki seperti perbaikan tempat ibadah.

 Pembakal, juga diminta agar melibatkan semua unsure masyarakat desa yang dimpinnya, dalam menyeusun program kegiatan pembangunan di desa. Dengan pelibatan itu, tidak ada alasan bagi pihak lain, untuk menghambat program yang sudah disepakati.

“Upayakan merangkul semua pihak, jangan sampai hanya segelintir orang yang dilibatkan dalam penyusunan. Akibatnya, pembangunan jadi tak partisifatif dan kurang mendapat dukungan masyarakat,”katanya. .

Besarnya anggaran yang diterima desa, kata LAtif harus  benar-benar terserap dan digunakan secara tepat dan benar. Jangan sampai dana banyak bersisa akibat program pembangunan tak jalan sesuai yang telah diprogramkan. Kades dan apart desa, juga harus jujur dan transparan dalam mengelola dana desa, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya. (*)

 

Penulis: Hanani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved