Berita Kotabaru

Begini Ide Kreatif Polsek Kelumpang Tengah Melayani Warga yang Tinggal di Perdesaan

Luasnya wilayah dan sulitnya kondisi geografis di Kabupaten Kotabaru memaksa harus memerlukan inovasi.

Begini Ide Kreatif Polsek Kelumpang Tengah Melayani Warga yang Tinggal di Perdesaan
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Motor dimodifikasi dengan menambahkan kotak box untuk membuat printer dan komputer jinjing (laptop), juga dilengkapi kursi dan meja lipat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Luasnya wilayah dan sulitnya kondisi geografis di Kabupaten Kotabaru memaksa harus memerlukan inovasi. Terlebih dalam memberikan pelayanan masyarakat di daerah perdesaan yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat terlebih roda dua.

Seperti dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Kelumpang Tengah, berat medan dilalui di beberapa desa memaksa mereka harus memodivikasi salah satu motor patroli menjadi layanan kepada masyarakat.

Motor dimodifikasi dengan menambahkan kotak box untuk membuat printer dan komputer jinjing (laptop), juga dilengkapi kursi dan meja lipat.

Baca juga: Gelar-gelar Ratu Kecantikan Unik di Masa Lalu, Nomor 5 Ngeri, Nomor 8 Paling Aneh

Selain motor juga difungsikan sebagai penghasil daya listrik, dengan membuat colokan (stopkontak) listrik yang disambungkan ke aki motor.

Inovasi dilakukan selain motor tetap dapat digunakan sarana patroli. Namun juga digunakan mendatang rumah warga yang menjadi saksi dalam sebuah perkara, jika yang bersangkutan berhalangan datang ke polsek. Pemeriksaan bisa dilakukan di rumah warga yang diminta keterangannya.

"Saksi sedang sakit atau karena tinggal di desa yang belum bisa diakses mobil dan terpencil. Dengan layanan jemput bola ini sehingga mempercepat pelayanan polsek," kata Kapolsek Kelumpang Tengah AKP Aryansyah Sik, Sabtu (7/10/2017).

Menurut Aryansyah, langkah inovasi ini sekaligus karena keterbatasan operasional listrik di wilayah Kecamatan Kelumpang Tengah.

Baca juga: Live Streaming Swedia Vs Luxemburg, Dominasi Rekor Tuan Rumah

Agar pelayanan tetap bisa dilakukan khususnya, pada Senin-Kamis siang listrik tidak menyala, pihaknya juga memodifikasi mesin diesel untuk dijadikan genset yang dapat beroperasi 3x24bjam tanpa henti.

"Jadi selain tetap bisa memberikan pelayanan di polsek juga mencoba memberikan pelayanan yang maksimal di luar kantor dengan memberikan pelayanan langsung ke rumah masyarakat," tandasnya.

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved