Keren! Taman Borobudur Hiasi Museum Vatikan Roma, Begini Wujudnya

"Beauty unites us (Keindahan menyatukan kita). Itulah simbol dan arti filosofis dari kehadiran Taman Borobudur di Vatikan.

Kemlu.go.id
Peresmian Taman Borobudur di Vatikan Roma. Foto dirilis Jumat (6/10/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, VATIKAN - Salah satu ikon kebanggaan Indonesia, Candi Borobudur, kini menghiasi Vatikan, Roma.

Miniatur candi Budha itu, dibuat dalam sebuah taman.

Taman ini dibangun selama sekitar 10 bulan.

Taman yang diberi nama Borobudur Garden ini resmi hadir di Museum Etnologi Vatikan, Rabu (4/10/2017).

Peresmian dilakukan Presiden Kegubernuran Vatikan, Kardinal Giuseppe Bartello dan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Indonesia, I Gde Pitana.

Turut menyaksikan peresmian Taman Borobudur yang dimeriahkan tarian Bali, sejumlah Duta Besar asing untuk Takhta Suci Vatikan, pejabat Vatikan, dan para biarawan-biarawati Italia dan Indonesia.

Dalam sambutannya, Kardinal Bartello menyampaikan hadirnya Taman Borobudur di Museum Vatikan merupakan gambaran nyata dari hubungan persahabatan antara Indonesia dan Takhta Suci Vatikan.

"Beauty unites us (Keindahan menyatukan kita). Itulah simbol dan arti filosofis dari kehadiran Taman Borobudur di Vatikan. Semoga dengan hadirnya taman ini, pengunjung dapat menikmati dan memahami lebih jauh arti keharmonisan dalam keberagaman," demikian ujar Kardinal Bartello.

Sementara itu, Direktur Museum Vatikan, Barbara Jatta, juga mengungkapkan hal senada. Borobudur Garden merupakan selebrasi persahabatan Indonesia dan Takhta Suci Vatikan.

Ia berharap semoga melalui Taman Borobudur, pengunjung dapat melihat sedikit dari gambaran luas nilai-nilai harmoni dan keberagaman dari Wonderful Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Ernawati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved