Berita HST

PT Conch Bersedia Bantu Perbaikan, Besarnya Dana Sesuai Anggaran Perusahaan

Bupati HST H Abdul Latif juga meminta partisipasi PT Conch untuk memperbaiki spot-spot kerusakan parah jalan Walangsi-Kapar

PT Conch Bersedia Bantu Perbaikan, Besarnya Dana Sesuai Anggaran Perusahaan
banjarmasinpost.co.id/hanani
Perwakilan PT Conch 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BARABAI - Pada Rapat Koordinasi mengatasi masalah jalan Walangsi-Kapar, Rabu (11/10/2017) Bupati HST H Abdul Latif juga meminta partisipasi PT Conch untuk memperbaiki spot-spot kerusakan parah jalan di sepanjang 8,3 kilometer, Walangsi-Kapar, terutama sebelah kiri dari arah Tabalong ke Banjarmasin  yang selama ini lebih banyak di lewati angkutan berat semen tersebut.

Latif meminta perbaikan jalan hanya sampai tahap agregat (penggunaan material) agar kembali bisa digunakan.

Dengan demikian, masalah penumpukan angkutan akibat risiko amblas di saat musim hujan seperti sekarang, bisa diatasi.  Pihak angkutan juga bisa kembai lancar lewat jalan tersebut, tanpa memaksa meminta lewat jalan kabupaten. Agar perbaikan jalan tak asal-salan, dan tidak mubazir, Bupati mengusulkan agar pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan NAsional Banjarmasin, memfasilitas dalam hal mencari konsultan professional.

“Tujuannya, agar  perbaikan jalan menggunakakan teknik yang sesuai dengan kondisi lahan, sehingga daya tahannya terhadap angkutan berat lebih baik,”kata Latif. Diapun menegaskan, tak punya kepentingan apapun, dari permohonan perbaikan tersebut, dan meminta pihak perusahaan maupun asosiasi menangani sendiri agar dana bantuan perusahaan benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan jalan tersebut.

Baca: Pelajar SMAN 2 Barabai Tewas Kecelakaan, Ini Kronologis Menurut Satlantas Polres HST

Sementara itu, rapat sempat terkendala, karena  Kepala Staf PT Conch Sun Chen Fei tak bisa berbahasa Indonesia. Didampingi penerjemah bahasa mandarin, Fei menyatakan, bersedia saja menaati aturan negara terkait tonase angkutan. Namun, dia bersikeras masalah perbaikan jalan, itu kewajiban negara, bukan kewajiban perusahaan.

Disebutkan, tiap hari produksi semen PT Conch per hari, mencapai 6000 ton dengan system angkutan dibagi dua angkatan, 3200 ton per satu angkatan. Mengenai permintaan partisipasi memperbaiki jalan dengan menganggarkan dana CSR Fei langsung berkomunikasi dengan pimpinannya di Jakarta, melalui gadgetnya.

Setelah menyatakan bersedia berpartisipasi dengan dana disesuaikan budget perusahaan, Fei melalui juri bicaranya meminta agar dari BBPJN VII Banjarmasin, untuk membantu survey jalan, serta estimasi biaya yang diperlukan. (*)

(banjarmasinpost.co.id/hanani)
 

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved