Berita Tanahlaut

Ada Apa Kepala Kanim Banjarmasin, Datangi Lansia Pemohon Paspor?

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham kalsel, Imam Suyudi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kanim Banjarmasin.

Ada Apa Kepala Kanim Banjarmasin, Datangi Lansia Pemohon Paspor?
Istimewa
Kepala Kanim Banjarmasin, Syahrifullah (kiri berseragam) menyerahkan paspor pemohon lansia di Kabupaten Banjar. Tiga pemohon lansia lainnya di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Selasa (17/10/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, pada 30 Oktober 2017 imj merayakan hari ulang tahun yang lebih dikenal dengan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD).

Adapun tema HDKD tahun ini yaitu "Kerja Bersama, Kami PASTI melayani" yang disimbolkan kepala kuda berarti simbol kecepatan, ketangkasan dan kekuatan, sedangkan berdasarkan pengamatan ilmu fauna, kuda adalah binatang yang senang bergerombol, bergerak bersama-sama, berlari bersama-sama.

Baca: Ini Tanggapan Kemenag Kalsel Soal Biaya Tambahan pada Visa Umrah

Pekan layanan publik yang merupakan rangkaian kegiatan HDKD yang dicanangkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yassona H Laoly, pada Kamis (12/10/2017) di Jakarta melalui teleconference. Kemenkumham Kalsel setelah sebelumya melakukan inovasi layanan publik berupa sidang TPP di tempat beberapa waktu lalu.

Selasa (17/10/2017), giliran Kantor Imigrasi (Kanin) Kelas I Banjarmasin melakukan inovasi layanan publik berupa pengiriman paspor secara langsung kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Banjar dan Tanahlaut.

Baca: Biaya Visa Tambahan Tak Kurangi Minat Calon Jemaah Banua Berangkat ke Tanah Suci

Pengiriman paspor langsung ini dipimpin Kepala Kanim Banjarmasin, Syahrifullah bersama Kasi Infosarkokim Eko Pratomo, Kasubag TU Yuliansyah, dan Kasubsi Kom Sahmir Sarmin dengan mengantar langsung paspor empat orang warga masyarakat yang terpilih ialah Yuhanit di Martapura, Anang Asma, Jainap, dan Armadiah di Tanahlaut.

Tentunya ini merupakan inovasi layanan yang bermanfaat dimana keempat warga ini tidak perlu lagi mengambil paspornya yang telah selesai dibuat di Kantor Imigrasi di Banjarbaru.

Kepala Kanim Banjarmasin, Syarifullah mengatakan, layanan antar paspor ini sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat di Kalsel, sekaligus dalam rangka pekan pelayanan publik.

"Untuk itu kami berinovasi dengan mengantarkan paspor kepada warga masyarakat khususnya yang berusia lanjut dan bertempat tinggal di kabupaten Banjar dan Tanahlaut. Kedepannya kita akan bekerjasama dengan kantor pos untuk mengirimkan paspor khusus untuk lansia nantinya," katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham kalsel, Imam Suyudi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kanim Banjarmasin.

Baca: Arab Saudi Kenakan Biaya Tambahan untuk Visa Umrah, Apa Ada Pengaruhnya di Banua?

"Berikan pelayanan yang profesional, akuntabel, sinergis, transparan, dan inovatif dengan bersama -sama masyarakat sebagai perwujudan kehadiran negara dimasyarakat," ujar Kakanwil di sela-sela kesibukannya sebagai penguji CPNS di Kantor Wilayah.

Senada dengan Kakawil, Kepala Bagian Program dan Pelaporan, Andi Basmal selaku Ketua Panitia HDKD Kalsel, menambahkan, bahwa peringatan HDKD Kalsel tahun ini dilaksanakan berbagai kegiatan dimulai dengan pencanangan pekan layanan dilanjutkan berbagai lomba olahraga seperti bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan.

"Pada puncak acaranya tanggal 30 Oktober ini dilaksanakan upacara peringatan," ujanya melalui humas kanwil Kemenkumham Kalsel.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved