Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

KUR Mikro BRI Banjarmasin Samudera Mengalir ke Usaha Produktif

Produk kredit usaha rakyat (KUR) mikro dari BRI khsusnya BRI Cabang Banjarmasin Samudera fokus alirkan kredit

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Ernawati
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
BRI Cabang Banjarmasin Samudera gelar penarikan hadiah program Panen Hadiah Simpedes Periode I 2017 di Siring Menara Pandang, Sabtu (21/10/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Produk kredit usaha rakyat (KUR) mikro dari BRI khsusnya BRI Cabang Banjarmasin Samudera fokus alirkan kredit KUR mikro ke usaha produktif.

Dijelaskan Asisten Manajer Bisnis Mikro (AMBM) BRI Cabang Banjarmasin Samudera Yunaidi, 40 persen total dana KUR mikro di BRI Cabang Banjarmasin Samudera dialirkan untuk usaha produktif.

Hal ini bertujuan selain untuk meningkatkan taraf hidup pelaku usaha mikro kecil dan menengah (umkm), tapi juga untuk menggenjot usaha tersebut ciptakan lapangan kerja baru.

Beroperasi di Banjarmasin, BRI Cabang Banjarmasin Samudera melalui 16 BRI Unit dan 17 BRI Teras nya yang tersebar hingga pelosok Kota Banjarmasin.

Hingga saat ini di tahun 2017 BRI Cabang Banjarmasin Samudera sudah salurkan Rp 165 miliar KUR mikro. "Jumlah ini cukup meningkat dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Yunaidi.

Sektor utama penyaluran KUR Mikro BRI Cabang Banjarmasin Samudera adalah sektor perdagangan, karena di Banjarmasin sektor perdagangan masih mendominasi jenis usaha mikro jika dibanding sektor pertanian, perikanan maupun perkebunan.

Untuk kelancaran penetrasi KUR mikro, tim BRI langsung turun lakukan sosialisasi langsung ke para pelaku umkm maupun komunitas sejenis.

Tak hanya melalui unit-unitnya, BRI juga manfaatkan ribuan Agen Brilink yang merupakan kepanjangan tangan BRI sebagai referral produk KUR Mikro BRI.

Jadi melalui Agen-agen Brilink, masyarakat bisa mengerti apa itu dan bagaimana manfaat KUR Mikro, tahapan selanjutnya nasabah akan diarahkan ke Unit BRI untuk mengajukan KUR mikronya.

"Perlu kami tekankan dalam setiap sosialisasi, KUR bukan lah program hibah. Namun kredit seperti biasa dan sumber dana berasal dari perbankan bukan dari pemerintah. Pemerintah hanya mensubsidi bunga sehingga tidak memberatkan umkm," kata Yunaidi. (BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved