Berita Hulu Sungai Tengah

Panglima Kodam Minta Jangan Ada yang Menggoda Anggota TNI

Pada kegiatan yang dikemas dalam ramah tamah tersebut, Sonhadji menyinggung soal tahun politik 2018-2019 mendatang

Panglima Kodam Minta Jangan Ada yang Menggoda Anggota TNI
hanani
Wabup HST HA Chairansyah (kedua dari kiri), Pangdam VI Mulawarman, Mayjend Sonhadji (ketiga dari Kiri) , Dandim 1002 Barabai Letkol Dodit Herry Setiawan (samping kanan Pangdam) saat dilaturahmi di Pendopo HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Selain bersilaturahmi dan dengan jajaran Kodim 1002 Barabai dan Bataliyon 621 Manuntung di markas kodim, Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen Sonhadji dan istri serta rombongan dalam kunjungan kerjanya Rabu (25/10/2017) juga bersilaturahmi dengan jajaran Pemkab HST.

Rombongan Pangdam disambut di Pendopo Kabupaten, oleh Wakil Bupati HST HA Chairansyah, Plt Sekda serta para pimpinan SOPD. Sedang Bupati HST H Abdul Latif berhalangan hadir, karena ada tugas ke luar daerah.

Pada kegiatan yang dikemas dalam ramah tamah tersebut, Sonhadji menyinggung soal tahun politik 2018-2019 mendatang, yang diprediksi membuat suhu politik bakal memanas.

Selain menghadapi pemilu legislatif, Indonesia juga melaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Saya sudah tekankan keada anggota TNI, agar benar-benar bersikap netral. Kuat iman, tidak tergiur iming-iming materi atau apapun. Jangan jadi beking, jangan jadi pendukung parpol maupun pendukung calon,”tandasnya.

Namun, kata Pangdam, support berbagai pihak diperlukan, agar TNI tetap netral dan tak terjerumus. “Khusus bagi pemerintah HST, jangan merayu atau menggoda anggota kami untuk melanggar sumpah prajuritnya.

Juga kepada masyarakat dan kalangan lainnya. Sebab, kami menyadari anggota TNI juga manusia. Jika imannya tak kuat, bisa saja goyah. Jadi, jika semua pihak ingin TNI benar-benar netral, jangan digoda atau dirayu,”katanya.

Meski demikian, tindakan tegas, jelas Sonhadji akan dilakukan, jika ada yang terbukti tidak netral dan mencoreng institusi TNI. Sekalipun dengan alasan karena digoda dan dirayu.

Sebelumnya, Wakil Bupati HST, HA Chairansyah menyatakan, kedatangan Pangdam VI Mulawarman beserta rombongan ke kabupaten HST dan menginap di Bumi Murakata, suatu kehormatan bagi daerah.

Wabup pun memaparkan, kondisi geografis HST, pertumbuhan ekonomi, serta mata pencaharian utama masyarakat yang mayoritas bertani dan berkebun. Wabup menyebut, HST memiliki potensi tambang batu bara, namun demi kepentingan masyarakat, Pemkab komitmen menolak penambangan batu bara.

Juga tak berniat mengembangkan perkebunan kelapa sawit seperti di daerah lain, karena lebih sering meimbulkan konflik sosial. “Fokus kami tetap pada pengembangan sektor pertanian, yang selama ini menopang ekonomi masyarakat kami,”jelas Wabup.Pertemuan silaturahmi diakhiri dengan saling tukar cinderamata.

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved