Ekonomi dan Bisnis

Di Tengah Fluktuasi Harga, di Toko Emas Ini, Tetap Banyak Konsumen yang Bertransaksi

Perdagangan emas di Banjarmasin tidak terlalu berpengaruh pada fluktuasi harga emas dunia akibat faktor politik dunia.

Di Tengah Fluktuasi Harga, di Toko Emas Ini, Tetap Banyak Konsumen yang Bertransaksi
banjarmasinpost.co.id/acm
Transaksi Jual Beli Emas Masih Stabil di Tengah Fluktuasi Harga 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perdagangan emas di Banjarmasin tidak terlalu berpengaruh pada fluktuasi harga emas dunia akibat faktor politik dunia.

Transaksi jual beli terlihat normal, seperti di Toko Emas Anton di Jalan Kolonel Sugiono Banjarmasin. Terlihat cukup banyak konsumen yang bertransaksi di toko emas ini Kamis (26/10 /2017).

Dijelaskan seorang karyawan toko, Amat, transaksi pembelian dan penjualan emas cukup stabil seperti hari-hari biasanya.

Walaupun sempat berfluktuasi, namun naik-turun harga emas beberapa waktu belakangan dinilainya masih dalam batas wajar.

Baca: BSM Targetkan Penjualan Emas Hari Ini 2 Kilogram

"Kalau ditanya omzet sulit, karena kami tidak hanya jual, tapi melayani jual beli juga. Tapi secara umum standar saja sekarang ini tidak ada naik atau turun signifikan," kata Amat.

Menurutnya diluar sentimen dan isu politik, secara teknis harga emas lokal dipengaruhi dua hal yaitu harga dolar Amerika dan harga emas dunia.

Harga emas lokal akan cepat menanjak ketika dua faktor tersebut naik, namun saat ini baru faktor naiknya dolar Amerika yang bergerak naik sedangkan faktor harga emas dunia belum naik signifikan.

Di Toko Emas Anton hari ini Kamis (26/10 /2017) harga emas perhiasan 70 % dijual dengan harga kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 440 ribu pergram, emas putih Rp 450 ribu sampai Rp 480 ribu pergram, emas 99 Rp 565 ribu pergram dan emas 99 batangan sekitar Rp 550 ribu pergram.

Harga ini mengacu pada kisaran harga dolar Amerika yang berkisar di harga Rp 13.500 lebih dan harga emas dunia di harga kisaran USD 1280 per troi ons.

Baca: Harga Emas Dunia Berfluktuasi, Begini Pengaruhnya di Banjarmasin

Seorang konsumen di toko ini Nabil, saat di tanya Bpost mengakui tidak mengetahui adanya sentimen yang membuat harga emas berfluktuasi belakangan ini.

Menurutnya saat bertransaksi jual beli emas hanya faktor harga yang menjadi pertimbangan utama. "Kalau pas turun banyak saya biasanya beli dan kalau sudah naik dan marginnya banyak dijual lagi, gitu-gitu saja sih," kata Nabil.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved