Berita Tabalong

NEWSVIDEO : Prosesi Aruh Adat Buntang Ta'un Dayak Ma'anyan Desa Warukin

Aruh adat ini dipusatkan di halaman Balai Adat Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Tabalong, Sabtu (28/10/2017) dari pukul 10.00 Wita.

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - BEBERAPA laki-laki dan perempuan dewasa Dayak Ma'anyan Desa Warukin, Tanjung, dengan gerakan seperti menari terlihat mengelilingi seekor hadangan atau kerbau yang baru saja disembelih untuk dijadikan hewan kurban.

Kerbau yang sudah disembelih tersebut ditutupi tikar purun dan kain sarung, dengan kondisi masih terikat menggunakan tali dari rotan ke sebuah tiang baluntang yang merupakan tiang kayu ulin dengan ukiran patung di ujungnya.

Sambil terus bergerak hingga beberapa kali putaran, di antaranya juga terdengar ada yang mengucapkan kalimat-kalimat berhasa Dayak atau dalam istilah mereka disebut dengan mamangan.

Di akhir ritual itu, mereka kemudian mengambil sedikit darah kerbau untuk dipercikan ke sekitar lokasi dan juga ada yang mencoretkannya ke bagian kaki sendiri.

Baca: Miris, Kisah Pilu Grand Master Ardiansyah Habiskan Umur di Rumah Susun Minim Perhatian Pemerintah

Ya. Prosesi itu adalah bagian akhir dari ritual Aruh Adat Buntang Ta'un Hajad atau Nazar yang dilaksanakan Lembaga Adat Dayak Ma'anyan Desa Warukin.

Aruh adat ini dipusatkan di halaman Balai Adat Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Tabalong, Sabtu (28/10/2017) dari pukul 10.00 Wita.

Dalam proses ini, mereka mengurbankan satu ekor kerbau dengan cara disembelih setelah sebelumnya ditandai dengan adanya prosesi menombak kerbau tersebut.

Penombakan yang dilakukan hanya berupa simbol dan hanya dilakukan satu kali dengan gerakan yang cepat sehingga tak mematikan.

"Menumbak itu tidak untuk membunuh, hanya menjaga tradisi saja, jangan sampai luka. Sedangkan kerbaunya dikurbankan dengan cara disembelih," kata Sekretaris Panitia Aruh Adat Buntang Ta'un Hajad/Nazar, Andreas Buje.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved