Ekonomi dan Bisnis

Pengusaha Muda Kalsel Diminta Jangan Lagi Andalkan Batu Bara, Ini Alasannya

Ekonomi Kalsel yang bergantung pada sektor batu bara, maka sudah selayaknya beralih pada sektor lain.

Pengusaha Muda Kalsel Diminta Jangan Lagi Andalkan Batu Bara, Ini Alasannya
Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto
Hj Laitina Suria resmi dilantik menjabat Ketua BPD HIPMI Kalsel periode 2017-2020. Pengukuhan dan pelantikan berlangsung di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (2/11/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ekonomi Kalsel yang bergantung pada sektor batu bara, maka sudah selayaknya beralih pada sektor lain. Mengingat batu bara merupakan sumber daya alam yang tak terbarukan, alias bisa habis.

Ketua Bidang Internasional dan Pariwisata BPP HIPMI, Bagas Adhadirga mengingatkan, menjadi tugas saat ini adalah merapikan administrasi dan meningkatkan kualitas kewirausahaan di masing-masing daerah.

"Memberikan penghargaan kepada BPD HIPMI Kalsel yang sudah merapikan administrasinya. Luar pulau Jawa, hanya Kalsel yang mampu mencetak 700 kartu anggotanya," katanya saat memberikan sambutan pada Pelantikan Ketua Umum BPD HIPMI Kalsel, Kamis (2/11).

Baca: Lho, Mendadak Venue Pertandingan Martapura FC di Grup X Berubah, Ini Tempat Barunya!

Baca: Yuk, Baca Surah Yasin Malam Jumat, ini Lho Ternyata Manfaatnya

Dirinya mengingatkan pengusaha muda harus siap menghadapi masa distraksi. Sebagai pengusaha muda haruslah melek teknologi, adiktif terhadap perubuahan.

Berdasarkan informasi dan statistik yang dipelajarinya, Kalsel 20 persen bergantung pada komoditas yakni batu bara. Hal ini dinilainya berbahaya jika pengusaha mudanya tidak melek teknologi.

Sekarang ini, negeri yang tidak punya sumber daya jauh lebih maju contohnya seperti Belanda yang menggunakan angin sebagai sumber pembangkit. Jika bergantung pada komoditas, maka tidak mustahil 20 tahun mendatang bisa habis.

Baca: Echa si Putri Tidur dan Keluarga Hadir di Hitam Putih Trans 7 Malam Ini, Tapi Juga Ada Sosok Ini

Baca: Ternyata Hal Ini yang Bisa Membuat Doa Kita Tidak Dikabulkan Allah

Sahbirin Noor mengamini apa yang disampaikan Bagas Adhadirga. Menurut pria yang akrab disapa Paman Birin, Kalsel sudah selayaknya mengandalkan sektor lain seperti pertanian, perkebunan dan pariwisata.

"Kalsel ini sebenarnya pariwisatanya luar biasa," ucapnya. (*)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved