Berita HST

Fakultas Perikanan ULM Ajari Petani Samhuran Cara Pembibitan Ikan Toman

Dinas Ketahahan Pangan dan Perikanan HST, melaksanakan pelatihan dan pratek teknik pembenihan dan pembibitannya.

Fakultas Perikanan ULM Ajari Petani Samhuran Cara Pembibitan Ikan Toman
banjarmasinpost.co.id/hanani
toman2 Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Warga Desa Samhurang, Kecamatan Labuanamas Utara, Hulu Sungai Tengah dikenal sebagai nelayan penangkap ikan air tawar serta pembudidaya. Pemkab HST pun menargetkan salah satu desa di perairan rawa-rawa tersebut, menjadi sentra budidaya ikan lokal air tawar, dengan jenis ikan haruan, toman dan papuyu.

Mendukung sentra budidaya ikan itu, Dinas Ketahahan Pangan dan Perikanan HST, melaksanakan pelatihan dan pratek teknik pembenihan dan pembibitannya. 

Program tersebut dilaksnaakan dengan menggandeng kalangan  akademisi, yaitu dari Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).  Sejumlah kelompok pembudidaya ikan, diberikan wawasan tentang budi daya ikan, agar produksi ikan budidaya makin meningkat.

Baca: Oknum Guru Tinju Siswa Bertubi-Tubi, Korban Pingsan dan Dilarikan ke Puskesmas, Begini Kondisinya

Selain memberikan materi berupa teori, Lektor Kepala dan Dekan Fakultas Perikanan ULM H Pahmi Ansyari  juga mengajak nelayan Samhuran  praktek langsung teknis pembenihan dan pembibitan ikan toman.

Termasuk makanan yang diberikan, disertai penjelasannya.  Pahmi mengatakan, dengan langsung praktek, pembudidaya ikan lebih cepat memahami. “Dengan begitu, bisa meminimalkan  kegagalan pembenihan dan pembibitan jenis ikan toman,”katanya.

Praktek budidaya ikan toman juga melibatkan  25 mahasiswa/mahasiswi semester IV d sampai VI Fakultas Perikanan, agar para mahasiswa juga mendapat pengalaman lapangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Hj Sunar Wiwarni, Senin (6/11/2017) mengatakan, Di Desa Samhurang terdapat demplot pembenihan ikan toman, papuyu dan haruan.

Sebelumnya,  kegiatan yang sama dilakukan di demplot Pembenihan Ikan Papuyu di Desa Walatung Kecamatan Pandawan. Juga  domestikasi Ikan Haruan di Desa Mahang Baru Kecamatan LAS.

Secara teknis, Pemkab HST bekerjasama dengan Dinas Perikanan ULM. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved