Berita Banjarbaru

Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut Dibahas di FGD, Zonasi Harus Jelas

Diskusi menarik soal Rekonsiliasi Pemahaman dan Strategi untuk Review dan Implementasi PP 71/2014 jo. PP 57/2016.

Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut Dibahas di FGD, Zonasi Harus Jelas
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Forum Group Discussion (FGD)tentang Rekonsiliasi Pemahaman dan Strategi untuk Review dan Implementasi PP 71/2014 jo. PP 57/2016 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut di Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dalam upaya untuk menggali berbagai permasalahan yang mungkin timbul atas penerapan PP 57 Tahun 2016 jo. PP 71 Tahun 2014 bagi keberlanjutan budidaya sawit di lahan gambut, Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD), Kamis (9/11).

Diskusi menarik soal Rekonsiliasi Pemahaman dan Strategi untuk Review dan Implementasi PP 71/2014 jo. PP 57/2016 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut.

Acara digelar di Q Grand Daffam Hotel. Menghadirkan banyak narasumber Prof. Dr. Supiandi Sabiham dengan topik Overview Ekologi Alami Lahan Gambut Dr. AR Rizali Saidy, SP, M.AppSc dengan topik Overview Lahan Gambut di Kalimantan Selatan.

Prof. Dr. Muhammad Noor, MS membawakan topik Berbagai Kajian Riset di Lahan Gambut di Kalsel, Ir. Totok Dewanto memaparkan topik Pemanfaatan dan Pengelolaan Lahan Gambut untuk Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan. Narasumber lainnya, Nisri menerangkan soal budaya Pemanfaatan dan Pengelolaan Lahan Gambut Masyarakat.

Overview PP No 71 Tahun 2014 dan PP No.57 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut diterangkan Dr. Dharmono Taniwiryono.

"Soal tata ruang atau zonasi segera diperjelas, " ucap Dr. Dharmono Taniwiryono yang juga Ketua umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi). (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved