Berita Hulu Sungai Tengah

Bhabinkamtibmas Labuan Ini Damaikan Warga yang Nyaris Berkelahi

Fungsi Bhabinkamtibmas diakui sangat strategis, dalam rangka menghadirkan Polri, langsung di tengah masyarakat.

Bhabinkamtibmas Labuan Ini Damaikan Warga yang Nyaris Berkelahi
Istimewa
Adalah Brigadir Nerco Jamus, Bhabinkamtibmas Desa Labuahan, Kecamatan Batangalai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah saat mendamaikan warga bertikai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Fungsi Bhabinkamtibmas diakui sangat strategis, dalam rangka menghadirkan Polri, langsung di tengah masyarakat.

Pembauran mereka di tengah masyarakat, diharapkan membantu tugas kepolisian melakukan menyelesaian masalah sosial kemasyarakatan.Hal itu pun terbuktif efektif.

Adalah Brigadir Nerco Jamus, Bhabinkamtibmas Desa Labuahan, Kecamatan Batangalai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Nerco yang berada di bawah Polsek BAtangalai Selatan itu berhasil mendamaikan warga kampung di pegunungan Meratus, yang berseteru antarwarga. “Pendekatannya sederhana saja. Mengajak warga yang berselisih paham itu bermusyawarah,”kata Edi, seperti dikutif Humas Polres HST Bripka M Husaini, Senin (13/11/2017).

Baca: Klasemen Liga 2 di Grup X, PSMS Medan ke Semifinal, Tiket Kedua untuk Martapura FC Vs Kalteng Putra

Dijelaskan, musyawarah dengan mempertemukan kedua belah pihak untuk dimediasi, dilakukan Sabtu 11 Nopember 2017 lalu, pukul 16.00 wita di Kantor Desa Labuahan. Selain dihdiri saksi-saksi, juga dihadiri Kades Labuhan dan kedua belah pihak.

“Setelah keduanya diberi kesempatan berbicara, akhirnya warga yang berselisih menydari, masalah yang terjadi hanya salah paham,”jelas Husai.

Keduanya pun akhirnya secara musyawarah dan mufakat menyesaikannya secara kekeluargaan. Selanjutnya menandatangani surat perdamaian. DIsebutkan, kesalahpahaman sempat terjadi antara antara Laimin ( 48) dan Erdi Irawan (40). Keduanya cekcok dan adu mulut, Sabtu sekitar jam 13.30 wita.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Kualifikasi Piala Dunia 2018, 12-14 November 2018, Rawannya Posisi Italia

Ada perkataan Laimin yang menyinggung perasaan Erdi Irawan.

Perkataan Laimin tersebut, jelas Husaini, dianggap menghina oleh Erdi Irawan, sehingga Edipun tak terima dan ujung-ujungnya menantang untuk berkelahi.Mendapat laporan dari masyarakat bahwa di desa binaannya sedang ada warga bersitegang, Brigadir Nerco Jamus mendatangi TKP.

Agar tidak sampai menimbulkan permasalahan yang lebih berat dan lebih jauh lagi, Brigadir Nerco Jamus berusaha melakukan pendekatan antara kedua belah pihak, hingga berhasil didamaikan.

Baca: Hasil Akhir Martapura FC Vs PSMS Medan - Skor 1-2, PSMS Medan ke Semifinal!

Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya,mengatakan apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Labuhan, merupakan contoh pencegahan konflik yang efektif. Sesuai dengan budaya bangsa yang mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan masalah.

Juga mengedepankan asas kebersamaan dalam gotong royong antar warga dan aparat desa serta anggota Bhabinkamtibmas, jika ada warga yang bermasalah.

Disebutkan, tugas pokok Bhabinkamtibmas sebagaimana diatur dalam Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015, adalah melakukan dan membantu pemecahan masalah. Selain itu Bhabinkamtibmas memiliki wewenang menyelesaikan perselisihan warga masyarakat atau komunitas sesuai dengan Pasal 28 Perkap No 3 Tahun 2015.

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved