Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Keren! Yang Dilakukan Bripka Zainudin Renngur Terhadap Tempat Pembuangan Sampah Ini

Ya, begitulah prinsip yang kini tertanam di benak Bripka Zainudin Renngur dalam menyebarkan manfaat di sekitarnya.

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Ernawati
BANJARMASINPOST.co.id/ahmad rizky abdul ghani
Suasana taman baca di Desa Cabi, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Foto diambil Senin (13/11/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jika ingin mengubah sesuatu, haruslah dimulai dari hal terkecil dan terdekat.

Ya, begitulah prinsip yang kini tertanam di benak Bripka Zainudin Renngur dalam menyebarkan manfaat di sekitarnya.

Pasalnya, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Polres Banjar Kalsel tersebut tidak hanya mampu membangun minat baca serta kognitif anak-anak di sekitarnya.

Melainkan pria berpangkat brigadir kepala (Bripka) tersebut kini juga mampu menciptakan sebuah taman baca dan bermain yang sederhana di Desa binaannya.

Uniknya taman baca tersebut, ternyata dibuat Renngur dengan memanfaatkan lahan yang sebelumnya digunakan masyarakat sebagian tempat pembuangan sampah.

Buah pikiran itu sebetulnya berangkat dari rutinitas Renngur yang memang setiap pekan mengadakan Perpustakaan Kapsul Keliling (Puskapling) ke RT - RT.

Kenapa Puskapling, lantaran armada yang digunakan yakni sebuah motor bhabinkamtibmas yang memiliki bak menyerupai kapsul.

Nah, di dalam tempat tersebut pula, Renngur kemudian membawa ratusan buku bacaan berupa komik untuk anak-anak di yang dikunjunginya.

Sehingga muncul sebuah keinginan Renngur membuat sebuah taman bacaan tapi sekaligus menjadi wahana bermain anak-anak.

" Saya kemudian memilih sebuah lahan yang semula sebagai tempat pembuangan sampah. Namun dengan menjalin komitmen bersama warga, kini tempat tersebut tidak lagi dibuang sampah," jelasnya.

Hingga berkat kesabaran dan keuletan Brigadir Renngur, kini sebuah taman baca sekaligus wahana bermain anak-anak pun terwujud.

Taman yang berlokasi di Desa Cabi RT 2 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar tersebut kini berukuran 15×20 meter persegi.

Uniknya, demi melengkapi taman baca itu dengannya dasi bermain Renngur mengumpulkan dari barang bekas warga. Taman itu juga dilengkapi meja, kursi, rak buku serta lainnya, yang merupakan hasil jeri payah Renngur dibantu masyarakat sekitar.

" Seperti kuda-kudaan ini, sebelumnya saya dapatkan dari warga yang kebetulan sudah tidak terpakai. Sedangkan ayunan, kami manfaatkan dari tiang bekas Pintu gawang,kemudian saya beli tali dan ban mobil bekas yang sudah dibentuk menjadi tempat duduk," jelasnya. (BANJARMASINPOST.co.id/ahmad rizkuy abdyl ghanie)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved