Berita Kotabaru

Proyek Normalisasi Sungai Dilakukan Manual Ini Harapan Suriansyah

Pekerjaan proyek normalisasi sungai oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya air wilayah Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Utara

Proyek Normalisasi Sungai Dilakukan Manual Ini Harapan Suriansyah
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Kondisi sungai Kuin, Jalan Sukmaraga, Kelurahan Kotabaru Tengah dilakukan normalisasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Pekerjaan proyek normalisasi sungai oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya air wilayah Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru menjadi sorotan warga.

Khususnya kegiatan normalisasi aliran sungai di wilayah Kuin, jalan Sukmaraga, Kelurahan Kotabaru Tengah, menjadi sorotan karena pekerjaan hanya menggunakan alat manual seperti pacul (cangkul) dan tenaga manusia.

Warga juga meminta normalisasi atau pengerukan sedimentasi (lumpur) sungai dilakukan sedalam satu meter, selain memudahkan akses keluar masuk perahu warga yang beberapa orang berprofesi nelayan.

Dengan normalisasi atau pengerukan sedimentasi sedalam satu meter diharapkan pendangkalan sungai terjadi dalam waktu yang lama.

"Kalau satu meter dalamnya (dikeruk) lebih bagus," ujar Suriansyah warga RT 09, Kelurahan Kotabaru Tengah, Minggu (19/11/2017).

Baca: Orangtua Berharap Dana APBD Ditambah untuk Membiayai Sekolah

Suriansyah menilai pengerukan sedimentasi dilakukan tanggung. Tidak maksimal karena dilakukan manual, menggunakan tenga manusia dan peralatan pacul.

"Informasinya menggunakan alat berat. Kalau menggunakan alah lebih maksimal. Tapi tidak ada alatnya," jelasnya.

Pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Fitriadi dikonfirmasi melalui telepon genggamnya tidak menepis, kegiatan normalisasi sungai dilakukan secara manual.

Menurut Fitriadi, melalui kontraktor pelaksana, sebelumnya pihaknya sudah mencoba normalisasi sungai di kawasan Kuin hingga H Agus Salim--seberang masjid Jami Baitul Abrar---menggunakan ekskavator mini.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved