Inilah Kunci Menjadi Ahli Surga yang Jarang diketahui, Sahabat Rasul Ternyata Pernah Memilikinya

Yang menentukan umat-Nya untuk masuk surga atau neraka memang merupakan hak Allah SWT.

Inilah Kunci Menjadi Ahli Surga yang Jarang diketahui, Sahabat Rasul Ternyata Pernah Memilikinya
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Yang menentukan umat-Nya untuk masuk surga atau neraka memang merupakan hak Allah SWT. Tapi tentunya kita akan berusaha dengan membuat amalan yang membuat bisa masuk surga.

Menjadi penghuni surga tentu menjadi impian bagi setiap umat muslim di dunia. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang melakukan amalan-amalan sesuai perintah Allah SWT agar bisa menjadi penghuni surga.

Surga merupakan tempat yang penuh dengan kenikmatan di akhirat kelak sebagai balasan bagi mereka kaum muslimin yang beriman dan senantiasa mengerjakan perintah Allah.

Baca: Masya Allah Banyak Berkah di Bulan Rabiul Awal, Ini 10 Keutamaan Bulan Mulud

Baca: 11 Kali Usulan Penelitian Ditolak di Indonesia, Siswa SMA Jogja Ini Malah Diundang Google ke Amerika

Dilansir dari infophoria.com, kunci menjadi ahli surga yang jarang diketahui oleh kaum muslimin adalah tidak memiliki rasa dengki dan tidak pernah berbuat jahat atau berkata buruk kepada siapapun. Dengki merupakan penyakit hati yang tidak menyukai apabila orang lain mendapat kenikmatan atau kebahagiaan.

Ketika orang lain mendapatkan kesuksesan, ada banyak perasaan yang berkecamuk di dalam diri. Bisa ikut bahagia karena kesuksesan oranglain, namun kebanyakan orang merasa iri dengan kesuksesan yang didapatkan oleh orang lain.

Terlebih lagi jika orang yang mendapatkan kebahagiaan itu merupakan musuh yang selama ini dibenci. Allah SWT berfirman “Jika kamu semua mendapatkan kebaikan, hal itu tidak mengenakan hati mereka. Sedang jika kamu semua mendapat kejelekan, dengan sebab kejelekan itu mereka pun bergembira.” (QS. Ali Imran: 120)

Diingatkan Rasulullah Saw dalam hadis, “Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu” (HR Abu Dawud).

Baca: Sebelum Salat, Yuk Betulkan Arah Kiblatnya, Begini Cara Menentukan Menggunakan Kompas

Ada sahabat Rasulullah yang ternyata memiliki kunci sebagai ahli surga tersebut. Diriwayatkan bahwa suatu hari Rasulullah Saw berkata dalam majelis, “Dipintu ini akan masuk seorang ahli surga.” Tak lama kemudian ada orang yang masuk melalui pintu yang telah diisyaratkan. Sahabat tersebut bernama Saad bin Abi Waqqash. Kejadian itu terulang hingga tiga kali. Sahabat lain yang bernama Abdullah bin Amr r.a. penasaran. Apa keistimewaan yang dimiliki oleh Saad? Lalu dia meminta izin menginap dirumah Saad. Dengan senang hati Saad pun memberinya izin untuk menginap.

Selama beberapa hari Abdullah bin Amr r.a. menginap di rumah Saad, dirinya tidak melihat kelebihan ibadah Saad. Bisa dikatakan ibadah yang dilakukan olehnya itu biasa-biasa saja.

Oleh sebab itu, Abdullah berkata, “Aku ingin mengetahui yang engkau lakukan hingga Rasulullah Saw. Pernah menyebut tiga kali bahwa ada seorang penghuni surga dalam majelisnya. Aku ingin mendapat kedudukan sepertimu. Namun, selama tiga hari ini aku tidak mendapatimu berbuat sesuatu yang istimewa, apa rahasianya?”

Pada awalnya Saad menjawab dengan wajar, “Tidak ada yang lebih baik dari yang kamu lihat.” Lalu kemudian Abdullah berpamitan, namun langkah kakinya terhenti ketika Saad memanggil dirinya, “Sahabatku, aku tidak memiliki rasa dengki dan aku tidak pernah berbuat jahat dan berkata buruk kepada siapa pun.” Setelah mendengar perkataan tersebut Abdullah bin Amr pun paham bahwa hal itulah yang menjadi kunci mengapa Saad dirindukan oleh surga.

Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya kita menghindari sifat dengki. Selain itu lakukanlah amalan-amalan wajib dan sunnah agar bisa menjadi penghuni surga yang kekal di akhirat kelak.

Penulis: Amirul Yusuf
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved