Berita Internasional

Makkah dan Jeddah Diterjang Banjir, 3 Warga Makkah Tewas, Puluhan Warga Dievakuasi

Makkah, Jeddah dan sejumlah wilayah di Arab Saudi dilanda banjir. Itu setelah negeri padang pasir tersebut diterpa hujan deras.

Makkah dan Jeddah Diterjang Banjir, 3 Warga Makkah Tewas, Puluhan Warga Dievakuasi
Banjir di Makkah dan Jeddah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RIYADH - Makkah, Jeddah dan sejumlah wilayah di Arab Saudi dilanda banjir. Itu setelah negeri padang pasir tersebut diterpa hujan deras.

Di Jeddah, banjir ini membuat banyak kendaraan terjebak di tengah banjir. Sekolah dan universitas di kota terbesar kedua di Saudi ini masih diliburkan.

Dituturkan Otoritas Pertahanan Sipil Saudi, seperti dilansir AFP, Rabu (22/11), puluhan orang harus dievakuasi dari kendaraan mereka yang terjebak banjir pada Selasa lalu.

Sebelumnya buletin yang dikeluarkan Otoritas Umum Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Hidup mengingatkan adanya cuaca buruk di sejumlah wilayah Saudi.

Baca: News Video: Banjir Bandang di Jeddah, Sekolah dan Kampus di Makkah Tutup, Penerbangan Terganggu

Baca: Inilah Kunci Menjadi Ahli Surga yang Jarang diketahui, Sahabat Rasul Ternyata Pernah Memilikinya

Baca: 11 Kali Usulan Penelitian Ditolak di Indonesia, Siswa SMA Jogja Ini Malah Diundang Google ke Amerika

Badai pasir bertiup di seluruh Qassim dan bagian barat wilayah Riyadh, sedang hujan dan badai diperkirakan melanda wilayah Madinah dan Makkah, termasuk daerah-daerah pantai serta pegunungan wilayah Jazan, Asir dan Baha.

Media lokal Saudi Gazette melaporkan, tiga orang tewas akibat banjir di Makkah. Sedangkan satu orang lainnya tewas terkena sengatan listrik di Jeddah saat banjir melanda.

Dinas Kesehatan Jeddah melaporkan pihaknya menerima 29 laporan situasi darurat, dengan delapan kasus di antaranya melibatkan insiden tersetrum. Insiden lainnya kebanyakan merupakan kecelakaan lalu lintas.

Baca: Di Tengah Banjir Jeddah, 2 Warga ini Malah Asyik Berselancar Memakai Gamis

Baca: Metode Bayangan Matahari Ini Cukup Mudah untuk Tentukan Arah Kiblat, Namun Ada Waktunya Lho!

Baca: Sebelum Salat, Yuk Betulkan Arah Kiblatnya, Begini Cara Menentukan Menggunakan Kompas

Saudi Gazzette juga melaporkan, total 481 orang yang terjebak banjir berhasil diselamatkan di Makkah, Madinah, Tabuk dan Al-Jouf. Setidaknya 10 keluarga dievakuasi dan 41 kendaraan diderek ke tempat aman.

Bencana banjir terjadi di Jeddah setiap tahun, yang wilayahnya dikenal memiliki infrastruktur yang buruk. Banjir besar pada 2009 menewaskan 123 orang di Jeddah. Kemudian dua tahun kemudian, sedikitnya 10 orang tewas akibat banjir di kota tersebut. (alj/dtc/arn)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved