Berita Banjarmasin

Poliban Berikan Teknologi Pengolahan Air Gambut dan Sungai Beriaya Murah untuk Warga Batola

Bertempat di Desa Rangga Surya Kecamatan Belawang Kabupaten Batola, tim melaksanakan implementasi dari hasil penelitian kepada masyarakat

Poliban Berikan Teknologi Pengolahan Air Gambut dan Sungai Beriaya Murah untuk Warga Batola
HO/Humas Poliban
Aktifitas tim P3M Poliban dalam pengabdian terhadap masyarakat. Membantu memasangkan tandon air. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan selama lebih kurang enam bulan, akhirnya pada hari Senin (27/11) lalu, Tim Pelaksana Program Diseminasi Teknologi untuk Masyarakat (P3M) Politekhnik Banjarmasin, yang diketuai oleh Dr Agus Pebrianto menyelesaikan seluruh program yang direncanakan.

Bertempat di Desa Rangga Surya Kecamatan Belawang Kabupaten Batola, tim melaksanakan implementasi dari hasil penelitian kepada masyarakat di desa Rangga Surya, Barito Kuala.

Dimana selama ini  desa tersebut dianggap masih kurang dalam pembangunan infrastruktur. Khususnya mengenai permasalahan air bersih yang masih sulit di dapatkan serta kurangnya pengelolaan air bersih.

Baca: LIVE STREAMING Martapura FC vs PSIS Semarang - Frans Siapkan Pengganti Angger dan Vandy

Ketua Tim Program Diseminasi Produk Teknologi untuk Masyarakat Dr Agus Pebrianto menyampaikan bahwa tujuan program itu ialah menyediakan pilihan teknologi yang disesuaikan dengan kondisi sumber air Desa Rangga Surya. Terutama sumber air baku dari air gambut.

Selain itu untuk memberikan pembelajaran tentang teknologi tepat guna skala lokal yang selanjutnya didorong untuk kapasitas dan skala lebih besar melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

“Harapan kami kegiatan ini mempermudah masyarakat membuat pilihan teknologi sesuai dengan kondisi sumber air Desa Rangga Surya.Berupa bangunan pengolahan yang digunakan untuk mengolah air gambut, air sungai atau air yang mengandung zat besi yang cukup tinggi dengan biaya yang sangat murah. Peralatan dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan," ucapnya.

Baca: Ini yang Terjadi Pada Pasien Gagal Ginjal Jika BPJS Setop Menanggung 8 Penyakit Ini

Bersambut baik, Kepala Desa Rangga Surya, Mujiburahman menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang pihaknya terima. “

Selama ini kami kesulitan air bersih untuk konsumsi masyarakat, air yang kami minum masih berasa masam meski sudah dimasak. Alhamdulillah sekarang kami bisa menikmati air layak minum yang tidak berasa," ucap Mujiburahman, bersyukur.

Baca: Jeritan Hati Istri Honorer Palangkaraya, Suami Menikah Lagi dengan Perempuan Ini Tinggalkan 3 Anak

Pada moment itu pula, Mujiburahman mengharapkan agar kegiatan pengabdian masyarakat yang ada tidak berhenti sampai disini tetapi menyentuh aspek-aspek lain.

“Supaya warga Rangga Surya bisa makin meningkat kualitas hidupnya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved