Psikologis

Nggak Mau Dijauhi Teman Kantor? Kamu Jangan Lakukan Perbuatan Ini

Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman saat berada di kantor. Kantor ibarat "rumah kedua"

Nggak Mau Dijauhi Teman Kantor? Kamu Jangan Lakukan Perbuatan Ini
THINKSTOCK.COM

BANJARMASINPOST.CO.ID - Teman kantor juga faktor penting dalam menunjang karir Anda. Anda duduk di sebelahnya setiap hari. Bahkan, menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka daripada dengan keluarga di rumah.

Namun, apa yang terjadi jika ternyata teman kerja tidak menyukai Anda?

Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman saat berada di kantor. Kantor ibarat "rumah kedua" dimana Anda harus merasa nyaman dan betah di dalamnya. Jadi, Anda juga harus menjaga kenyamanan teman kantor agar tidak menimbulkan perselisihan dengan mereka.

Survei dari AS telah mengungkapkan satu hal yang dapat mengganggu kenyamanan rekan kantor, dan ini pasti pernah Anda lakukan.

Setelah mewawancarai 2.000 orang Amerika yang bekerja, tim peneliti dari Nazarene University di Illinois, AS, menemukan bahwa suara berisik dan kebanyakan mengeluh adalah dua hal yang menurut rekan kerja paling menjengkelkan.

Jadi, jika semisal Anda mendapatkan makan siang yang tidak enak-katakanlah menu makan siang di sebuah restoran mahal terasa begitu asin-mungkin lebih baik menyimpannya untuk diri sendiri. Jangan mengeluh pada teman Anda.

Selain berisik dan mengeluh, 32 persen responden penelitian meyebut bahwa gosip dan intimidasi adalah hal yang menjengkelkan. Berikutnya, 12 persen responden merasa kebiasaan makan yang aneh juga turut andil sebagai hal yang memuakkan.

Sementara itu, email atau kebiasaan meeting yang aneh juga mendapatkan persentase sebesar 6 persen sebagai hal yang membuat jengkel.

Untuk yang terakhir, mencuri kekayaan intelektual atau plagiasi untuk "menikung" teman kerja juga termasuk hal paling tidak disukai.

Data tambahan dari survei tersebut mengungkapkan bahwa pekerja real estat paling banyak mengeluh tentang rekan kerja mereka. Sementara itu, responden yang bekerja di bidang komunikasi dan jurnalisme paling banyak mendapat gosip.

Mereka juga menemukan bahwa 78 persen peserta memiliki rekan kerja dengan perilaku menjengkelkan. Namun, hanya 30 persen yang mengatakan mereka bisa menyelesaikan masalah ini.

Tampaknya juga pria lebih menyebalkan daripada wanita di tempat kerja, karena 65 persen responden mengaku dihadapkan pada perilaku menyebalkan dari rekan kerja lelaki.

Namun, data statistik survei tersebut menyatakan 100 persen responden merasa terganggu dengan rekan kerja mereka satu sama lain.

Jadi, jika Anda benar-benar tidak pernah merasa terganggu oleh seseorang di kantor, mungkin karena Anda terlalu sibuk mengganggu mereka.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved