Semula Gersang, Kini Lingkungan SMKN 2 Kotabaru Menghijau dan Asri

Bak disulap, lingkungan SMKN 2 Kotabaru yang semula gersang berubah menjadi lmenghijau. Selain udara menjadi lebih sejuk dan asri.

Semula Gersang, Kini Lingkungan SMKN 2 Kotabaru Menghijau dan Asri
istimewa
Siswa SMKN 2 Kotabaru menanam pohon penghijauan di lingkungan sekolah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rasa prihatin sempat menerpa M Ramlie ketika pertama kali ditugaskan menjabat Kepala SMKN 2 Kotabaru. Pasalnya, sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Stagen Km 11,5 Kotabaru ini, halamannya kelihatan gersang dan tak ada pepohonan.

Setahun berselang atau pada 2013, Ramlie melaksanakan pun program penghijauan. Ia menanam pohon penghijauan di lingkungan sekolahnya dengan melibatkan siswa dan orangtua siswa.

Bak disulap, lingkungan SMKN 2 Kotabaru yang semula gersang berubah menjadi lmenghijau. Selain udara menjadi lebih sejuk, pemandangan pun kian elok, asri dan kondisinya kian nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Kalangan siswa setempat pun kini makin semangat belajar. “Saya makin betah berlama-lama di sekolah, karena udaranya sejuk, bersih, dan asri. Ini membuat kami enak belajar," ucap Menurut Muhammad Sidiq, Minggu (10/12/2017).

Siswa kelas III Teknik Pengelasan SMKN 2 Kotabaru ini mengatakan dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan penanaman pohon.

"Apalagi kalau pohon-pohon yang kami tanam tumbuh subur. Dulu sekolah kami sangat gersang, sekarang alhamdulillah sudah hijau sehingga memberi kenyamanan kegiatan belajar mengajar," sebutnya.

Siswa lainnya, Ahmad Alif Fahlevi, mengatakan selain melakukan penanaman pohon, di sekolahnya juga menggelar lomba kebersihan kelas.

“Ini juga sangat mengasyikkan. Lomba tersebut melatih kedisiplinan untuk menjaga agar lingkungan kelas selalu bersih, rapi, dan terkesan sehat," tandasnya.

Dikatakannya, seluruh siswa tiap harinya selalu menjaga kebersihan kelas. Hal ini guna menghindari predikat kelas terkotor yang diumumkan oleh tim penilai kebersihan sekolah setelah apel upacara setiap hari Senin.

"Akhirnya tiap-tiap kelas menjadi kelas yang lebih bersih dan proses belajar mengajar pun jadi lebih hidmat dan nyaman," sebutnya.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Senin (11/12/2017).

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved