Seputar Kaltim

Wow! Pantai Manggar Balikpapan Bakal Makin Cantik, Pemko Gelontor Miliaran Rupiah

Berbagai upaya digalakan guna mendongkrak retribusi di Pantai Manggar Segarasari Balikpapan Timur.

Wow! Pantai Manggar Balikpapan Bakal Makin Cantik, Pemko Gelontor  Miliaran Rupiah
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Pantai Manggar yang jadi kawasan wisata unggulan di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Berbagai upaya digalakan guna mendongkrak retribusi di Pantai Manggar Segarasari Balikpapan Timur.

Setelah sebelumnya melakukan 'penggusuran toilet liar' dan menaikkan biaya masuk secara signifikan, destinasi wisata yang berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Minyak itu siap-siap 'diguyur' miliaran rupiah usulan dana APBD Balikpapan 2018 mendatang.

Dijelaskan Oemy Facessly, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, hingga akhir November 2017 ini pihaknya hampir memenuhi target retribusi pantai Manggar yang sebelumnya ditarget Rp 2 miliar/tahun.

"Kalau ini (retribusi Pantai Manggar), sampai akhir November (2017) sudah 1,9 miliar,"ujar Oemy ditemui di Pantai Manggar usai menghadiri peresmian LOOP Arena, Sabtu (9/12/2017).

Capaian signifikan itu, kata Oemy mayoritas disumbang dari kenaikan retribusi parkir dan tiket masuk Pantai Manggar yang mengalami sejumlah kenaikan tarif sejak diterbitkan Perda No 5 Tahun 2017 tentang perubahan atas Perda No 10 tentang retribusi jasa dan usaha.

Adapun kekurangan target retribusi sebesar Rp 100 juta, dirasa Oemy akan tertutupi momentum liburan Natal dan tahun baru yang diprediksi menyedot 3.000-4.000 pengunjung.

Berkaca dari hal tersebut, Oemy optimistis di tahun 2018 mendatang pihaknya mampu meraih pendapatan retribusi dua kali lipat.

"2018 (target retribusi) kita target Rp 4 miliar,"ungkapnya.

Oemy mengaku telah menyiapkan berbagai rencana guna mencapai target tersebut.

Di antaranya, pembangunan bertahap beberapa sarana prasarana seperti pujasera, pemasangan paving blok, penahan abrasi, sekaligus pemagaran sejumlah lokasi yang ditengarai jadi jalur tikus pengunjung yang tidak membayar karcis masuk.

Upaya memoles perwajahan pantai Manggar itu kata dia diselaraskan dengan mempertahankan 74 buah tenant pedagang kaki lima (PKL) menurutnya sudah cukup representatif.

Untuk pendanaan sendiri pihaknya mengusulkan rencana pembiayaan yang bersumber dari APBD murni tahun anggaran 2018.

"Nilainya lebih kurang Rp 5 miliar," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Tara Allorante ditemui Tribun saat menghadiri acara Perkemahan Pramuka Putri Nasional di Pantai Manggar (19/11/2017) lalu, sempat berujar, dinas yang ia pimpin sedang mengusulkan anggaran semenisasi jalan dan perbaikan dua buah jembatan permanen di pantai itu di tahun 2018 nanti.

"Sekitar Rp 30 miliar (usulannya), jalan ke sana (jalan pasir di Pantai Manggar) akan ditembus 1 km (dengan semenisasi) dan ada dua jembatan yang kita buka permanen,"ujar Tara. (TRIBUNKALTIM.co)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved