Gempa Guncang Jawa

Gempa Bumi 7,3 SR di Tasikmalaya, Penghuni Apartemen di Jakarta Berlarian, di Bogor Lemari Berderit

Gempa bumi 7,3 SR mengguncang kawasan pantai selatan Jawa tepatnya di Tasikmalaya, Sabtu, Jumat (15/12/2017), sekitar pukul 23.47 WIB.

Gempa Bumi 7,3 SR di Tasikmalaya, Penghuni Apartemen di Jakarta Berlarian, di Bogor Lemari Berderit
(USGS.GOV)
Pusat gempa yang terjadi pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.47 WIB 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Gempa bumi 7,3 SR mengguncang kawasan pantai selatan Jawa tepatnya di Tasikmalaya, Sabtu,  Jumat (15/12/2017), sekitar pukul 23.47 WIB. Guncangan gempat terasa mengguncang kawasan Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga Jakarta.

Situs web Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mencatat gempa bermagnitudo 7,3 terjadi pada pukul 23.47 WIB di 8,03 derajat Lintang Selatan dan 108,04 derajat Bujur Timur atau 43 km dari arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 105 km.

Baca: Dua Gempa Goncang Selatan Jawa, Potensi Tsunami, Warga Gunung Kidul Bunyikan Kentongan

Baca: Pusat Gempa di Tasikmalaya, Air Laut Dikabarkan Naik, BMKG: Status Tsunami Masih On!

Baca: Gempa 7,3 SR di Tasikmalaya, Bangunan Roboh di Cipatujah dan Kantor Samsat Pangandaran Rusak

Baca: Gempa Tasikmalaya, Takut Gempa Susulan Warga Pesisir Pangandaran Berlarian ke Tempat Tinggi

BMKG kemudian memutakhirkan data bahwa gempa tersebut bermagnitudo 6,3 dan berpusat di 7,75 derajat Lintang Selatan dan 108,11 derajat Bujur Timur atau 11 km dari arah yang sama dari Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 107 km.

Gempa terasa hingga Depok, Bogor dan sebagian Jakarta. Warga di Bogor mengaku tempat tidur hingga lemari berderit karena gempa ini. Adapun penghuni apartemen di kawasan Jakarta Selatan berlarian keluar setelah merasakan guncangan.

"Saya tadi masih bekerja di meja belajar. Sekejap merasakan pusing. Awalnya enggak yakin kenapa tapi instinct bilang ini gempa. Saya segera telepon petugas keamanan apartemen yang mengonfirmasi sebagian penghuni telah berada di luar gedung. Saat ini sebagian penghuni masih menunggu di luar gedung sambil menghubungi orang-orang yang mereka kenal dan menantikan berita lanjutan terkait gempa," ujar salah satu penghuni apartemen L'Avenue di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com.

Berita ini telah tayang di KOMPAS.com berjudul: Gempa di Tasikmalaya, Getaran Terasa hingga Depok dan Jakarta

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved