Berita Banjarbaru

Kepiting Petelur Kini Bisa Dikirim ke Luar Kalsel, Begini Caranya

Ya, ungkap Kepala Balai Karantina Ikan Banjarmasin, Hasim saat dihubungi, Minggu (17/12/2017) terhitung sejak 15 Desember

Kepiting Petelur Kini Bisa Dikirim ke Luar Kalsel, Begini Caranya
milna sari
Balai Karantina Ikan Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejak adanya larangan pengiriman kepiting petelur ke luar Jawa, setiap pengusaha yang perikanan dan nelayan yang mengirim kepiting bertelur ke luar Kalsel akan ditindak. Namun baru-baru ini larangan tersebut dicabut untuk beberapa waktu.

Ya, ungkap Kepala Balai Karantina Ikan Banjarmasin, Hasim saat dihubungi, Minggu (17/12/2017) terhitung sejak 15 Desember sampai dengan 5 Februari para nelayan dan pengusaha kepiting dapat menangkap dan melakukan pengiriman kepiting baik dalam kondisi bertelur atau tidak bertelur keluar wilayah Kalimantan Selatan.

Dengan adanya pemberlakukan tersebut kini para nelayan dan pengusaha kepiting dapat menangkap dan melalulintaskan kepiting bertelur dan masyarakat bisa menikmati kepiting bertelur kembali.

"Tetap harus diingat, hanya dalam waktu dua bulan itu saja, jika lebih law enforcement akan kami berikan," ujarnya.

Selain itu kepiting yang boleh ditangkap dan dikirim hanya kepiting dengan berat 200 gram per ekor. Kurang dari itu maka akan tetap dilarang untuk ditangkap dan dikirim.

Sebelumnya sesuai Permen KP nomor 56 tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster, Kepiting , dan Rajungan dari Wilayah Negara Republik Indonesia" pasal 2 poin a dan c, nelayan dan pengusaha ikan dilarang menangkap dan melalulintaskan kepiting petelur. Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved