Berita Nasional

Kalahkan Tokoh Lain, Hasil Survei: Budi Gunawan Lebih Disukai Publik pada Posisi Cawapres

Di bandingkan dengan Prabowo – Gatot Nurmantyo (63,5%), Prabowo – Chairul Tanjung (58,0%) atau Prabowo – Zulkifli Hasan (57,1%)

Kalahkan Tokoh Lain, Hasil Survei: Budi Gunawan Lebih Disukai Publik pada Posisi Cawapres
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Komjen Pol Budi Gunawan mengucapkan sumpah jabatan pada acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016). Budi Gunawan dilantik menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PolMark Research Center (PRC) telah melakukan Survey Nasional terbaru pada tanggal 13-25 Nopember 2017, survey ini mencoba memotret preferensi calon pemilih menjelang pemilu 2019.

Pengambilan data primer survey ini dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah responden 2600 orang, menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan margin of error ± 1,9% pada taraf kepercayaan 95%.

Dalam pelaksanaan Surnas tersebut PolMark Research Center (PRC) dapat menyimpulkan, secara umum masyarakat Indonesia mengetahui bahwa pada tahun 2019 akan dilaksanakan Pemilu Legislatif (50,5%) dan Pemilu Presiden 2019 (60,1%) namun dari prosentasi tersebut (86,9%) masyarakat Indonesia belum memiliki calon legislative.

Jika Pemilu Legislatif dilaksanakan hari ini, PDI Perjuangan memiliki elektibilitas tertinggi (24,2%), Golkar (8,2%) dan Gerindra (9,2%). Temuan Surnas ini menjelaskan bahwa kenaikan maupun penurunan elektibilitas parpol dari Pileg 2014 ke pemilihan saat ini tidak menunjukkan angka yang drastic sehingga dapat disimpulkan bahwa elektibilitas parpol saat ini cenderung stabil.

Baca: Live Streaming Arsenal Vs West Ham di Piala Liga Inggris, Rabu 20 Desember 2017 - Modal Rekor Sama

Popularitas dan kedisukaan para tokoh menjelang Pilpres 2019 menunjukkan bahwa Tokoh Joko Widodo, Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto mempunyai Popularitas yang tinggi diatas (90%) tingkat popularitas ini dianggap wajar karena keempat tokoh tersebut menjadi tokoh poros dalam dinamika politik Indonesia, sementara dalam aspek kedisukaan Joko Widodo memiliki prosentase tertinggi (85,2%)

Jika Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini (pada saat survey berlangsung) secara spontan menyebut Joko Widodo (41%) dan Prabowo Subianto (15,9%) sebagai calon presiden, beberapa nama lain juga bermunculan namun angkanya jauh di bawah Undecided Voters sebesar (35,8%)

Bagian penting dalam survey ini adanya temuan yang menunjukkan tingginya referensi pemilih menyatakan setuju jika Joko Widodo dipasangkan dengan Budi Gunawan (65%).

Baca: Gila! Sabu Cair di Diskotek MG Disamarkan dengan Sebutan Vitamin

Menunjukkan bahwa Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan lebih dengan konfigurasi pasangan ini kedepan, dimana dalam temuan survey ini konfigurasi pasangan lainnya berada beberapa point dibawah pasangan konfigurasi pasangan Joko Widodo – Budi Gunawan antara lain :

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved