Berita Hulu Sungai Tengah

Tim Saber MInta Para Kades Sosialisasikan Larangan Pungli

Setelah satu tahun terbentuk, tim sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) Hulu Sungai Tengah melaksanakan sosialisasi

Tim Saber MInta Para Kades Sosialisasikan Larangan Pungli
istimewa
Rapat tim saber pungli HST, di Polres HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Setelah satu tahun terbentuk, tim sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) Hulu Sungai Tengah melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanganan pungli melalui seluruh camat dan kepala desa se-HST.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Pemkab HST menghadirkan pembicara dari tim Tipikor Dirkrimsus Polda Kalsel, yang dipimpin AKP Reza Bramantia.

Juga hadir Ketua Tim Saber Pungli HST, Kompol Sarjaini.

Humas Pemkab HST, dalam press rilisnya kepada BPost, Sabtu (23/12/2017), menjelaskan, pada kesempatan itu, Sarjaini yang juga Wakapolres HST berharap, sosialisasi tersebut disimak kemudian diserap dengan baik oleh para camat dan para kades.

Baca: Pengamanan Perayaan Natal, Sebelum Masuk Gereja Badan da Barang Bawaan Jemaat Diperiksa

Selanjutnya, disosialisasikan ke masing-masing warga desanya.

Menurut Sarjaini, Camat dan Kepala Desa sebagai kader tim Saber Pungli, punya peran strategis untuk menyampaikan ke masyarakat.

Mereka bisa menjelaskan kepada masyarakat, bagaimana pungli dan gratifikasi itu, untuk mencegah dan menghindari perbuatan tercela yang merusak mental aparatur tersebut.

Baca: Siap-siap Libur Panjang Selama Desember Tahun Ini, Berikut Daftar Libur Panjang 2018

“Dengan demikian, jika ada oknum melakukan itu, mereka tahu langkah apa apa yang harus dilakukan, terutama dalam melakukan pengaduan kepada Tim Saber,”katanya.

Sebelumnya, wakil Bupati HST HA Chairansyah mengatakan, pemberantasan Pungli merupakan instruksi Presiden RI pada 2016 yang lalu.

Seluruh daerah di Indonesia, membentuk Tim Saber Pungli termasuk di Kabupaten HST.

"Kami menyambut baik kegiatan sosialisasi Pungli ini. Apalagi melibatkan para Camat dan Pembakal di HST.

Artinya sebagai bentuk pencegahan bagi aparat pemerintahan desa, agar tidak melakukan pungli dalam bentuk apapun,"katanya. (hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved