Menuju 2018

Wow! Kota Banjarmasin Punya Taman Vertikal, Ternyata Ibnu Sina Punya Mimpi Seperti Ini

Minimnya lahan untuk membuat ruang publik memunculkan ide dari Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk membangun taman vertikal.

Wow! Kota Banjarmasin Punya Taman Vertikal, Ternyata Ibnu Sina Punya Mimpi Seperti Ini
BANJARMASINPOST.co.id/apunk
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memperlihatkan taman vertikal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PASCADILANTIK sebagai kepala daerah, baik wali kota maupun bupati di Provinsi Kalimantan Selatan langsung adu kreatif untuk ‘menyulap’ spot-spot di daerahnya. Kawasan yang dulunya hanya dipandang sebelah mata, saat ini langsung jadi spot wisata baru.

Seperti dilakukan Pemko Banjarmasin. Minimnya lahan untuk membuat ruang publik memunculkan ide dari Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk membangun taman vertikal. "Saya akan mulai kampanyekan membuat taman vertikal. Semua akan dimulai dari Balaikota," kata Ibnu.

Dia juga sudah meminta idenya itu diwujudkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Dan di kawasan lain juga dibuat taman vertikal. "Kami mulai tahun ini. Anggaranya di APBD Perubahan 2016," ujarnya.

Selain itu, taman-taman yang ada di tengah kota, baik skala kecil maupun besar dibentuk dan memiliki tema. Misalnya ada taman berbentuk perahu dan lainnya. "Ini menyiasati minimnya lahan yang dimiliki," katanya.

Selain itu, Ibnu Sina juga meminta Kompleks Perumahan baru harus menyediakan lahan untuk ruang terbuka hijau dan olahraga. Selama ini, kompleks perumahan memang menyediakan lahan, namun kebanyakan untuk fasilitas umum biasa.

"Makanya, nanti, setiap membangun, kami imbau agar lahan fasumnya diperluas untuk lapangan olahraga," ujarnya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Ahmad Fanani Syaifuddin mengatakan, dalam aturan daerah, perumahan wajib menyediakan 30 persen untuk fasilitas umum. Bentuknya untuk jalan, drainase, RTH ataupun mesjid.

Ya, Taman vertikal jadi pemandangan baru di Kota Banjarmasin. Sejumlah titik di Kota Banjarmasin seperti perempatan Kantor Pos Besar Jalan Lambung Mangkurat, di Balai Koya Pemko Banjarmasin, Fly Over, TPA Basirih dan lainnya taman vertikal menajadi salah satu dlm pemandangan menarik dan baru di Kota Seribu Sungai.

Tahun lalu, di kawasan fly over Jalan A Yani Kilometer 3,5, taman vertikal hanya dibangun di tepi jalan arah luar kota. Beberapa hari ini, sejumlah pekerja tampak mulai mendirikan taman vertikal di fly over A Yani Kilometer 3,5 tepi jalan arah dalam kota.

Meski belum ada tanamannya, namun keberadaan belasan taman vertikal yang dipasang tampak membuat suasana cukup berubah. "Bagus sih biar tidak gersang kelihatannya. Lumayan modernlah. Kaget juga soalnya sudah hampir satu minggu tidak ke Bnjarmasin mas," kata Abdul, salah satu pekerja asal Banjarbaru yang kerap lewat di fly over.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar mengatakan, selain taman vertikal, 7 taman baru bakal ditambah di Kota Banjarmasin pada 2017 ini. Disebutkan Mukhyar, taman yang akan dibangun di antaranya Jalan Gatot Subroto dekat POM AD.

"Yang paling besar di bawah Jembatan Banua Anyar, ada pembangunan taman terpadu ramah anak, dengan anggaran sekitar Rp 700 juta," kata Mukhyar. (ire/rmd)

Taman Vertikal Ala Banjarmasin
- Pembangunan dilaksanakan sejak Oktober 2016
- Anggarannya kurang dari Rp 200 juta,
- Total ada 18 titik Taman Vertikal
- Diyakini jadi solusi minimnya lahan untuk RTH

Lokasi Taman Vertikal di Banjarmasin
- Kawasan Flyover
- Simpang Empat Jalan Lambung Mangkurat
- Balaikota Banjarmasin
- TPA Basirih
- Simpang Empat Jalan Kolonel Sugiono
- Jalan Lingkar Dalam Selatan

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved