Menuju 2018

Komunitas Suporter Bisa Memberikan Suntikan Semangat saat Laga

Misalnya, adanya indikasi pelanggaran di laga sepakbola Liga 1 oleh pendukung setia suatu klub, sehingga mengharuskan tuan rumah

Komunitas Suporter Bisa Memberikan Suntikan Semangat saat Laga
BANJARMASIN POST GROUP/APUNK
AKSI Monster saat laga Martapura FC melawan PSMP, pekan lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - GELIAT suporter olahraga di Kalsel terus membahana. Suporter dan tim olahraga bagai dua sisi mata uang, berbeda namun tidak terpisahkan. Pernah dijumpai dalam kasus tertentu, pertandingan olahraga tanpa kehadiran suporter.

Misalnya, adanya indikasi pelanggaran di laga sepakbola Liga 1 oleh pendukung setia suatu klub, sehingga mengharuskan tuan rumah mengosongkan bangku penonton. Hal tersebut mengurangi justru sisi menarik dari laga tersebut.

Hiruk pikuk suporter olahraga kini tidak hanya menyemarakkan cabang olahraga sepak bola. Cabang olahraga lainnya, yakni basket dan futsal juga menunjukkan antusiasme yang besar dari masyarakat terutama usia remaja atau pelajar.

Baca: Disaat Masyarakat Banua Cuma Dukung Sepak Bola, Sarmidi: Jangan Cuma Sepak Bola!

Dari fenomena tersebut, saat ini hingga adanya pendidikan suporter yang menjadi ekstra kurikuler di beberapa sekolah. Pelatih futsal SMAN 1 (Smasa) Banjarmasin, Farid Mujianto menuturkan, saat ini di sekolahnya memiliki komunitas suporter yang secara khusus memberi suntikan semangat saat bertanding.

Diakuinya, saat ini komunitas suporter di Smasa hanya ditujukan pada dua cabang olahraga, yakni bola basket dan futsal. Komunitas suporter Smasa ini bernama Putsman, singkatan dari putra-putri SMAN 1 mania.

Baca: Hiii, Ada Sosok Menakutkan di Area Bermain Anak, Coba Lihat Penampakannya

Pelatihan suporter tersebut, diadakan berbarengan saat event-event tertentu yang diikuti tim futsal maupun tim bola basket Smasa. Selain untuk menambah semangat rekan-rekannyabyang sedang bertanding, komunitas suporter juga bertujuan untuk meramaikan dan memanaskan atmosfer kompetisi. (naa)

Baca Banjarmasin Post edisi Kamis (29/12/2017):

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved