Liga Inggris

Pembelian Van Dijk oleh Liverpool hingga Pecahkan Rekor, Begini Komentar Guardiola

Virgil van Dijk kini menjadi bek dengan banderol transfer termahal dalam sejarah sepak bola dunia.

Pembelian Van Dijk oleh Liverpool hingga Pecahkan Rekor, Begini Komentar Guardiola
OLI SCARFF/AFP
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan instruksi pada laga Liga Inggris kontra Arsenal di Stadion Etihad, Minggu (5/11/2017). Terlihat Guardiola memakai pin pita kuning sebagai tanda solidaritas terhadap Catalonia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MANCHESTER - Pembelian Virgil van Dijk hingga memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia mengundang tanggapan dari sejumlah pihak. Salah satunya adalah manajer Manchester City, Josep "Pep" Guardiola.

Virgil van Dijk kini menjadi bek dengan banderol transfer termahal dalam sejarah sepak bola dunia. Sang pemain harus ditebuh tinggi oleh Liverpool dari Southampton dengan uang 75 juta poundsterling atau sekitar 1,3 triliun rupiah.

Pep Guardiola menyatakan bahwa nilai Van Dijk yang dilihat mahal atau tidak hanyalah masalah persepsi. Bahkan, sang pelatih juga tak sungkan lontarkan pujian untuk pemain berusia 26 tahun tersebut.

"Liverpool mengambil seorang pemain yang luar biasa," ucap Pep Guardiola dikutip BolaSport.com dari BBC dalam konferensi pers jelang pekan ke-21 Premier League, Jumat (29/12/2017).

"Van Dijk adalah seorang bek tengah yang dikecualikan," ucap sang pelatih menambahkan.

Bagi Pep, Van Dijk terbilang tidak mahal karena ia bermain dengan kemampuan terbaiknya selama enam tahun bermain di sepak bola kasta teratas.

"Jika bermain dalam level tertinggi, ia akan menjadi keputusan yang murah," ucap Pep Guardiola.


Bek asal Belanda, Virgil van Dijk, resmi bergabung ke Liverpool per 1 Januari 2018.(AFP/PAUL ELLIS)

"Jika ia bermain dalam level yang rendah (performa buruk), ini akan menjadi mahal," tutur sang pelatih menambahkan.

Sebelumnya, Jose Mourinho juga menanggapi soal mega transfer Virgil van Dijk saat konferensi pers Manchester United. Mourinho melihat bahwa terbentuknya harga selangit Van Dijk merupakan hasil dari mekanisme pasar.

Di sisi lain, Manchester City memang menjadi salah satu kompetitor Liverpool untuk dapatkan jasa Virgil van Dijk.

Namun, setelah Van Dijk berlabuh ke Anfield, Manchester City dikabarkan mengejar jasa bek Real Sociedad, Inigo Martinez, atau bek West Bromwich Albion, Jonny Evans.

Satu sokongan bek dibutuhkan Pep Guardiola sebagai pelapis Vincent Kompany dan John Stones di posisi bek tengah. (Verdi Hendrawan)

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved