Berita Banjarbaru

Mes L Pernah Didiami Orang Rusia, Makin Berasa Horor Ketia Dijadikan Lokasi Uji Nyali

Bangunan di pertigaan Jalan Garuda dan Jalan Merpati, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru persis belakang Museum Lambung Mangkurat itu

Mes L Pernah Didiami Orang Rusia, Makin Berasa Horor Ketia Dijadikan Lokasi Uji Nyali
nia kurniawan
Mes L di pertigaan Jalan Garuda dan Jalan Merpati, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Apakabar Mes L? Disebut-sebut akhir tahun 2017 akan sudah berwajah baru tapi kini suasananya malah makin menyeramkan.

Bangunan di pertigaan Jalan Garuda dan Jalan Merpati, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru persis belakang Museum Lambung Mangkurat itu mempertegas suasana angker dibalik kisah historisnya.

Dulu bangunan ini paling berkelas. Di tahun 1963, dindingnya dicat mengkilap dan setiap ruangannya dihiasi seni instalasi berkelas.
Musik yang mengalun dari denting piano serta petikan tali gitar, pesta biasa digelar oleh para ekspatriat Eropa Timur. Ya, Mes L dikenal wisma milik para pekerja industri Rusia saat masa keemasan hubungan Indonesia dan Uni Soviet.

Baca: Berani Kunjungi Lima Lokasi Paling Seram di Banjarbaru Ini? Bisa Diikuti Bayangan Misterius Lo

Mess L di pertigaan Jalan Garuda dan Jalan Merpati, Kelurahan Komet
Mess L di pertigaan Jalan Garuda dan Jalan Merpati, Kelurahan Komet (nia kurniawan)


Puluhan tahun berlalu dan Mes L hingga kini tak terawat. Fisik bangunan nyaris tertutupi dedaunan dan sulur-sulur pohon beringin. Gentengnya lepas, kaca pecah, lantai ditumbuhi rerumputan.

Dinding pun dirambati tumbuhan liar yang menjalar hingga ke atap. Di tengah bangunan, ada sebuah kolam kecil yang kini airnya telah kering, entah telah berapa lama. Secara umum, bangunan ini suram dan hanya cocok dijadikan tempat ajang uji nyali.

"Bahkan Mes L pernah jadi lokasi uji nyali," ucap Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani.

Mes L bernilai sejarah sebagai bangunan yang menjadi bagian dari sejarah Kota Banjarbaru dan telah berusia di atas 50 tahun, yang artinya telah memenuhi prasyarat sebagai cagar budaya sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. (Kur)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved