Berita Kalteng

Jembatan Sei Rungau Dibangun Permanen Tahun 2019, Habiskan Dana Hingga Rp25 Miliar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Leonard S Ampung mengatakan, saat ini pihaknya melalui Balai Besar

Jembatan Sei Rungau Dibangun Permanen Tahun 2019, Habiskan Dana Hingga Rp25 Miliar
istimewa
Jembatan runtuh di Jalur Trans Kalimantan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Leonard S Ampung mengatakan, saat ini pihaknya melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, mulai membenahi jembatan Sei Rungau, Seruyan, Trans Kalimantan arah Sampit-Pangkalanbun, yang ambruk beberapa hari lalu.

Dikatakan, penanganan awal saat ini dilakukan sementara saja, karena sifatnya emergency, sedangkan untuk penanganan secara optimal akan dilakukan mulai tahun 2019 dengan desain khusus untuk penanganan secara keseluruhan dengan membangun jembatan baru.

Pantauan, Rabu (3/1/2018), jembatan darurat sudah bisa dilewati untuk kendaraan terbatas, namun penanganan secara permanen perlu waktu lama, karena jembatan akan dibangun ulang, diprioritaskan tahun 2019.

Baca: Pengendara Ini Senang Tak Makan Waktu Lama Menuju Sampit Lewat Jembatan Darurat

Baca: Ini Berat Maksimal Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Darurat

Karena jembatan harus diredesain tentu memakan waktu, selain adanya wacana jembatan tersebut akan ditingkatkan, mulai dari lebar hingga kapasitasnya yang akan dilakukan oleh balai besar pelaksanaan jalan nasional.

"Petugas dari balai sudah ada di lapangan untuk mendesain pembangunan jembatan, tahun depan baru permanen. Rencananya jembatan tersebut ditingkatkan, sekarang kemungkinan 6 meter nantinya bisa menjadi 9 meter,"ujarnya.

Menurut Leonard, perkiraan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut sekitar, Rp25 miliar, karena panjang jembatan 16 meter dan lebar jembatan diperlebar menjadi sembilan meter.

"Nanti setelah diredesain akan ketahuan perkiraan dana pembangunanya,"ujarnya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved