RM Sambal Acan Raja Banjar Selalu Pilih Ikan Patin Segar

Manager Personalia RM Acan Raja Banjar Juwita m menjelaskan selain menu masakan Ikan Patin dengan cara dibakar dan digoreng.

Penulis: Khairil Rahim | Editor: Idda Royani
banjarmasin post group
Menu istimewa RM Sambal Acan Raja Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemggemar kuliner di Kalimantan Selatan (Kalsel) pasti tak asing lagi dengan masakan Ikan Patin. Menu ini menjadi salah satu andalan hampir di seluruh rumah makan atau warung makan khas di Banua ini.

Namun jika ingin mencoba menu Ikan Patin bercita rasa yang lebih beda, Anda bisa datang ke Rumah Sambal Acan Raja Banjar. Tempat kuliner ini terletak di kawasan Jalan RE Martadinata atau di samping kantor wali kota Banjarmasin.

Di rumah makan yang buka sejak 9 Januari 2016 ini, ada menu khas asal Kalsel berbahan dasar Ikan Patin yakni Sayur Asam Kepala Patin. Meski sudah familiar, namun hanya ada beberapa warung makan saja yang bisa meracik menu istimewa ini.

Ikan Patin yang digunakan selalu dipilih yang masih segar atau baru dan dagingnya empuk. Dipadu bumbu-bumbu kuah yang pas, terasa nikmat disantap bersama nasi putih yang masih hangat.

Rasanya gurih berpadu lezatnya daging Ikan Patin dan kuah asamnya, benar-benar merupakan kolaborasi citarasa lokal Banjar yang sangat istimewa. Begitu memanjakan hasrat kuliner dan pas di lidah.

Menu istimewa itu terasa lebih sedap dan nikmat jika dilengkapi Sambal Acan Raja Banjar. Apalagi variasi rasa sambal ini cukup beragam sehingga pastinya bakal kian menggugah selera.

Manager Personalia RM Acan Raja Banjar Juwita m menjelaskan selain menu masakan Ikan Patin dengan cara dibakar dan digoreng, juga ada pelengkap Sayur Asam.

"Khusus menu ini lauk utamanya kepala Ikan Patin dicampur Sayur Asam," ucap perempuan berjilbab ini, Sabtu (06/01/2018).

Kuahnya berwarna kekuningan karena adanya bahan bumbu berupa kunyit dan kemiri. Daging Ikan Patinnya lembut dan bercita rasa gurih dengan bagian kepala yang banyak lemak, tentu sangat menggoda selera.

Selain menu berbahan Ikan Patin, di rumah makan ini juga menyajikan beragam menu khas Banjar, baik yang diolah denan cara dibakar maupun digoreng.

"Kami menyajikan menu masakan Banjar yang cukup lengkap. Jumlahnya sekitar 47 macam," sebut Juwita.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Minggu (07/01/2018).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved