Berita Tanahlaut

Ini Alasan Belum Semua Sekolah Disambangi Mobil Perpustakaan di Tanahlaut

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanahlaut belum mampu memenuhi keinginan pihak sekolah agar unit mobil perpustakaan

Ini Alasan Belum Semua Sekolah Disambangi Mobil Perpustakaan di Tanahlaut
Istimewa
Mobil perpustakaan keliling menyambangi SDN Padangluas 2 di Desa Padangluas, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanahlaut, Rabu (17/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanahlaut belum mampu memenuhi keinginan pihak sekolah agar unit mobil perpustakaan menyambangi anak didik.

Itu diakui Kepala SDN Damarlima, Sumiatun di wilayah Kecamatan Batuampar, mobil perpustakaan menyambangi SDN Gunungmelati dan SDN Jilatan Alur.

"SDN Damarlima belum pernah sama sekali. Tapi hari ini kami mengunjungi perpustakaan minta jadwal agar sekolah kami disambangi," katanya seusai mengajak puluhan anak didiknya melihat taman Minatirta, Rabu (17/1/2018).

Baca: LIVE STREAMING O CHANNEL Barito Putera Vs Kalteng Putra - Ini Susunan Pemain Kedua Tim

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanahlaut, Hairul Rijal membenarkan bahwa pihaknya punya kendala dalam kegiatan unit armada perpustakaan.

Tahun ini saja, pihak belum menjadwalkan kunjungan ke sekolah-sekolah. Saat ini, unit mobil perpustakaan keliling berada di Desa Padangluas, Kecamatan Kurau.

Informasi dihimpun, mobil perpustakaan keliling itu membawa sekitar dua ribu buku dari berbagai judul dan tema.

Baca: Madinah Dilanda Gempa, Inikah Peringatan Allah?

Hairul Rijal mengaku sekitar 70 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang disambangi mobil perpustakaan keliling pada 2017 lalu.

"Maka untuk tahun ini, belum dijadwalkan mengingat keterbatasan anggaran kegiatan itu hanya Rp 35 juta. Sarana mobil juga cuma satu unit," katanya.

Hairul Rijal mengaku kendala lainnya, tidak semua warga sekolah yang mau mengajak murid atau siswanya ikutserta mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanahlaut.

Padahal, jumlah sekolah dasar di Kabupaten Tanahlaut ini sekitar 200 unit. Sebagian ada yang berkunjung seperti SDN Damarlima dan PAUD. "Sebagian besar terkendala biaya terutama yang daerah jauh dari Pelaihari," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved