Pencairan Dana Desa 2018 Lebih Simpel, Simak Caranya di Sini

Usdek Haryono, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Kalsel menjelaskan, untuk dana desa 2018 tahap I sudah bisa disalurkan mulai Januari 2018

Pencairan Dana Desa 2018 Lebih Simpel, Simak Caranya di Sini
bpost cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Usdek Haryono, menjelaskan untuk Dana Desa 2018 tahap 1 sudah bisa disalurkan mulai Januari 2018, sepanjang ketentuannya terpenuhi.

"Ketentuan yang baru ini melalui tiga tahap, tanpa SPJ. Kalau dulu masih menunggu sampai SPJ atau laporan dari 2017, ini syaratnya lebih simpel. Kami siap salur sepanjang sampai persyatan sudah memenuhi," urai dia.

Hal tersebut, sambungnya, Sesuai dengan PMK nomor 225/PMK.07/2017 ditaur bahwa penyaluran Dana Desa 2018 dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dilaksanakan dalam 3 tahap dengan rincian,

Tahap I, sebesar 20%, paling cepat bulan Januari dan paling lambat minggu ketiga bulan Juni.

Baca: Perbuatan Mesum Dilakukan di Garasi Tanpa Alas, Warganet: Duh malu-maluin Banjarmasin

Baca: Waduh, Dana Desa Kalsel Susut Rp 100 Miliar, Paling Banyak di Kabupaten Banjar

"Persyaratan penyaluran Tahap I itu yakni membawa surat pemberitahuan bahwa Pemerintah Daerah yang bersangkutan telah menyampaikan Peraturan Daerah mengenai APBD tahun anggaran berjalan; Peraturan bupati/wali kota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa," kata dia.

Adapun Tahap II, sambungnya, sebesar 40%, paling cepat bulan Maret dan paling lambat minggu keempat bulan Juni.

"Persyaratan penyaluran tahap II ini meliputi Laporan realisasi penyaluran Dana Desa tahun anggaran sebelumnya;
Laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output Dana Desa tahun anggaran sebelumnya," kata dia.

Sementara Tahap III, yakni sebesar 40%, paling cepat bulan Juli 2018, Kalau Persyaratan penyaluran tahap III yakni, laporan realisasi penyaluran Dana Desa sampai dengan tahap II, dimana minimal 75% dari Dana Desa yang diterima di RKUD telah disalurkan ke RKD.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved