Berita Tabalong

Sampah Tak Lagi Jadi Masalah, Begini Cara SDN Kapar Hulu, Tabalong Perangi Sampah Plastik

Sepintas tak ada yang berbeda dari sekolah dasar yang ada di Desa Kapar, kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong ini.

Sampah Tak Lagi Jadi Masalah, Begini Cara SDN Kapar Hulu, Tabalong Perangi Sampah Plastik
banjarmasinpost.co.id/dony Usman
Murid SDN Kapar Hulu membawa wadah plastik untuk tempat jajajanan sehingga tak ada lagi sampah plastik..jpg 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - DULU sampah plastik bekas bungkus jajanan menjadi persoalan di SDN Kapar Hulu, namun setahun terakhir dengan program yang sederhana, kini bisa teratasi dan jumlahnya pun sangat jauh berkurang.

Sepintas tak ada yang berbeda dari sekolah dasar yang ada di Desa Kapar, kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong ini.

Namun saat jam istirahat belajar tiba, ada sebuah aktivitas yang menjadi bisa pembeda sekolah dengan murid 117 orang ini dengan sekolah lainnya.

Ini terlihat saat BPost berada SDN Kapar Hulu, Kamis (25/1/2018). Saat jam istirahat murid-murid yang keluar kelas nampak menenteng tempat makan dan minum yang masih kosong.

Kemudian sejurus, murid-murid yang keluar dari 6 lokal kelas ini bergegas mendatangi kumpulan pedagang jajanan yang berada di samping sekolah.

Baca: Malangnya Nasib TKI Korea Ini, Kekasih Bilang Tak Siap Menikah, Uang 500 Juta Pun Raib

Setibanya di pedagang yang jajanannya dipilih untuk dibeli, tempat makanan dan minum yang dibawa itu disodorkan untuk menjadi wadah makanan atau minuman yang dibeli.

Pedagang jajanan pun tak lagi terlihat repot menyediakan bungkus, karena semua murid sudah siap dengan tempat jajannya sendiri.

Ya. Sejak September 2016 lalu, SDN Kapar Hulu mulai mencoba membuat bungkus plastik atau kemasan jajanan baik bekas makanan ataupun minuman, supaya tak bisa lagi masuk ke lingkungan sekolah.

Caranya yang ditempuh bukan berupa aturan murid tak bisa lagi jajan di luar sesuai dengan selera mereka.

Halaman
1234
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved