Berita Kalteng

Jatah PAN, Ketua BK Dewan Barsel Mengadu Soal Sengketa Waket ke Dewan Kalteng

Mereka mengadukan, sengketa soal perebutan kursi Wakil Ketua DPRD Barsel yang menjadi jatah Partai Amanat Nasional (PAN) setempat

Jatah PAN, Ketua BK Dewan Barsel Mengadu Soal Sengketa Waket ke Dewan Kalteng
tribunkalteng.com/faturahman
Rapat antara Komisi A dan Komisi lainnya di DPRD Kalteng bersama DPRD Barsel di Aula DPRD Kalteng, Selasa (30/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sebanyak delapan orang anggota DPRD Barito Selatan terdiri dari Ketua Badan Kehormatan (BK) dan dan sejumlah ketua Fraksi di DPRD Barsel, Selasa (30/1/2018) mendatangi DPRD Kalteng.

Mereka mengadukan, sengketa soal perebutan kursi Wakil Ketua DPRD Barsel yang menjadi jatah Partai Amanat Nasional (PAN) setempat yang hingga, Selasa (30/1/2018) belum juga tuntas.

Saat ini posisi Wakil Ketua dewan di pegang oleh Hj Rayuhani, namun diberhentikan secara sepihak oleh Ketua DPD PAN Barsel, H Idham, sehingga menjadi sengketa berkepanjangan di lembaga DPRD Barsel.

Baca: Dua Kader PDIP di Dewan Ajukan Surat Pengunduran Diri Setelah Maju di Pilkada

Ketua BK DPRD Barsel, Nurhikmah, mengatakan, konflik internal yang terjadi di tubuh DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Barsel, berpengaruh pada kinerja di DPRD Barsel.

"Konflik ini membuat posisi Waket DPRD Barsel tidak jelas, figur yang ditunjuk oleh partai tidak sesuai aturan, dan pemberhentian Hj Rayuhani tidak ada kejelasan alasannya, mengakibatkan, rapat paripurna sering tidak memenuhi korum, "ujarnya.

Akhirnya, keputusan pemberhentian waket dari partai tersebut, berdampak pada gugatan kepengadilan yang dilayangkan oleh Hj Rayuhani ke PN Buntok atas tindakan H Idham (Ketua DPD PAN Barsel) yang memberhentikannya dari dari kedudukan waket dewan.

Baca: Inilah Tarif PSK Muda 19 Tahun yang Layani Empat Pria Dalam Semalam

PN kemudian memenangkan Hj Rayuhani, namun H Idham melakukan banding atas putusan pengadilan tersebut."Kami dari ketua BK datang ke Komisi A DPRD Kalteng membicarakan masalah tersebut untuk mencari solusi,"ujarnya. (*)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved