Berita Banjarmasin

Wah, Melalui Sistem Ini, Calon Mahasiswa ULM Luar Daerah Pun Tetap Bisa Berstatus Mahasiswa ULM

ULM Banjarmasin akan mengaplikasikan pembelajaran secara daring terhadap mahasiswa ULM yang berada di luar daerah

Wah, Melalui Sistem Ini, Calon Mahasiswa ULM Luar Daerah Pun Tetap Bisa Berstatus Mahasiswa ULM
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Penandatanganan MoU antara ULM dan Universitas Terbuka yang dilakukan oleh Rektor ULM, Sutarto Hadi dan Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin akan mengaplikasikan pembelajaran secara daring terhadap mahasiswa ULM yang berada di luar daerah. Hal itu disampaikan oleh Rektor ULM, Sutarto Hadi pada acara rapat kerja ULM 2018, Jumat (2/2/2018).

Ia mengatakan, melalui system pembelajaran berbasis daring, maka mahasiswa atau calon mahasiswa ULM dari luar daerah bisa registrasi via online dan terdaftar sebagai mahasiwa ULM ketika mereka memilih mata kuliah yang diinginkan. Selain itu, ia mengatakan saat ini ULM juga akan meningkatkan sistem tersebut.

“Jadi sebenarnya sudah kewajiban kami semua sebagai suatu amanat dari Kemenristekdikti kalau ULM dan enam perguruan tinggi lainnya diminta mengembangkan Elektronik Learning. Sehingga sekarang kami sedang menyiapkan perlatan yang lengkap. Mulai dari modul dan konten yang berlaku secara nasional,” ucap Sutarto.

Baca: HMJM STIEI Banjarmasin Kini Dipimpin Perempuan, Nova Berharap Organisasi Lebih Solid

Ia juga menjelaskan, melalui jalur online atau daring itu, mahasiwa yang telah teregistrasi sebagai mahasiwa ULM juga akan mendapatkan sertifikat dan nilai sesuai perolehan dan hasil belajar mereka sendiri.Terlebih, perihal pembelajaran daring ini, ia mengatakan telah lama melakukan persiapan.

 Saat ini melalui MoU bersama Universitas Terbuka yang dilakukan oleh Rektor Universitas Terbuka, Profesor Drs Ojat Darojat bersama ULM yang ditandantangi oleh keduanya, Sutarto mengatakan menjadi momentum pas. Apalagi ia sendiri ingin mengembangkan sistem pembelajaran tersebut.

Baca: Fakta-fakta Siswa Aniaya Guru di Sampang Hingga Tewas, dari Idola Hingga Anak Kepala Pasar

Sehingga melalui materi yang dibawakan oleh Prof Ojat perihal pembelajaran sistem daring, Sutarto mengatakan hal itu bertujuan untuk mentranfer pengalaman UT yang telah lama menggunakan sistem pembelajaran online.

Ia juga mengatakan saat ini ULM sudah melangkah ke depan perihal pembelajaran jarak jauh tersebut. Meski ia akui juga perlu dilakukan pengembangan melalui pembelajaran face to face. Ia pun menekankan, yang terpenting ialah segala bentuk inovasi dan tekhnologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran.

Pun terkait rapat kerja yang terselenggara di aula gedung rektorat ULM lantai satu itu, Sutarto menerangkan tujuan raker ialah untuk membicarakan tren yang terjadi di dunia perguruan tinggi saat ini. Selain itu ia sengaja mengundang dua pembicara yakni Rektor UT dan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta. Dimana ia ingin agar semua pempinan bisa mendengarkan kalau ULM harus melangkah lebih maju dan menyiapkan entrepreneurship.

Baca: LINK LIVE STREAMING Perempat Final India Open 2018 - Marcus/Kevin Unggul di Set Pertama

Pun dari materi yang dibawakan oleh Rektor Amikom, Sutarto mengatakan perguruan tinggi tidak mesti mengandalkan penerimaan dari uang kuliah. Dimana melalui inovasi perguruan tinggi bisa saja mendapatkan penerimaan lebih dari lima puluh persen dari uang kuliah. Pun berdasarkan itulah , Sutarto ingin menyampaikan kalau beginilah tugas ULM, agar perguruan tinggi tersebut lebih terkemuka dan memiliki daya saing.(*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved