Breaking News:

Sains

Kenapa Ya Orang Inggis Cantik dan Ganteng? Padahal Moyangnya Jelek Banget

Cheddar Man kemudian menjadi permulaan masyarakat Inggris modern dan hidup hingga usia 20 tahun

Editor: Didik Triomarsidi
AFP PHOTO
Hasil rekonstruksi Cheddar Man oleh Natural History Museum and University. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sekitar satu abad yang lalu, tulang belulang berusia 10.000 tahun ditemukan di Gua Gough, Somerset. Diberi nama Cheddar Man, dia merupakan satu-satunya yang tersisa setelah Inggris kehilangan hampir seluruh penduduknya.

Cheddar Man kemudian menjadi permulaan masyarakat Inggris modern dan hidup hingga usia 20 tahun. Setidaknya 10 persen dari orang-orang yang berkulit putih di Inggris sekarang merupakan keturunannya.

Dengan status sebagai moyang orang Inggris modern, banyak orang kemudian membayangkan Cheddar Man sebagai pria berkulit putih dan berambut gelap atau tidak jauh berbeda dengan penampakkan mereka sekarang.

Baca: Ditidurkan Dulu, Lalu Wanita Ini Pelan-pelan Potong Mr P Pacarnya, Ternyata Ini Masalahnya

Baca: Ingat! Jalan Veteran dan RE Martadinata Bakal Dijadikan Jalur Satu Arah, Dishub Lakukan Sosialisasi

Namun, hasil penelitian DNA dari pakar evolusi dan DNA dari Natural History Museum and University berkata lain. Cheddar Man ternyata memiliki kulit “gelap hingga hitam”, rambut hitam yang keriting, dan mata biru.

Temuan ini menandakan bahwa kulit putih yang kini dimiliki oleh orang Inggris adalah hasil perkembangan yang lebih baru.

Diwawancarai oleh Channel 4 untuk acara The First Brit: Secrets of the 10,000 Year Old Man, Profesor Ian Barnes yang memimpin penelitian berkata bahwa salah satu hal yang paling menarik dari Cheddar Man adalah kombinasi fitur wajah yang tidak menyerupai orang Inggris sekarang.

“Tidak hanya kulit hitam dan mata biru, karena Anda bisa mendapatkan kombinasi itu, tetapi juga bentuk wajahnya. Jadi semua ini bisa dikombinasikan dan membuatnya tidak mirip dengan orang-orang (Inggris) yang Anda lihat sekarang,” ujarnya.

Baca: Duh! Usai Melamar Kekasihnya di Jeddah, Pasangan Ini Jadi Buronan Pangeran Arab

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved