Misteri Kota Sebelimbingan

Menguak Misteri Kota Sebelimbingan di Kotabaru, Pernah Jaya dan Maju di Zaman Belanda

Menurut cerita pada zaman kolonial Belanda dibalik rerimbunan pohon itu, berdiri sebuah kota yang disebut Sebelimbingan.

Menguak Misteri Kota Sebelimbingan di Kotabaru, Pernah Jaya dan Maju di Zaman Belanda
dokumen
Bangunan megah berdiri di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru sewaktu zaman penjajahan Belanda. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Mungkin banyak orang tidak percaya, dibalik rerimbunan pohon di kawasan Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru dulu berdiri sebuah kota besar dan maju.

Menurut cerita pada zaman kolonial Belanda dibalik rerimbunan pohon itu, berdiri sebuah kota yang disebut Sebelimbingan. Bahkan, nama itu kini masih menjadi sebuah desa.

Bahkan bukan sekadar cerita, berdasarkan jejak sejarah yang ditinggalkan, menunjukan bahwa kota Sebelimbingan benar ada dengan fasilitas yang lengkap diantaranya, bank, kantor pos, pasar, pertokoan, rumah sakit, lapangan olahraga, pembangkit listrik, dan lainnya.

Baca: VIDEO VIRAL - Anak Balita Dibiarkan Tergeletak Lemas di Lantai Minimarket yang Dingin, Teganya!

Berdasarkan pengumpulan data, didapat beberapa informasi Desa Sebelimbingan bukan saja sebuah kota besar di zaman dulu yang dilengkapi fasilitas layanan publik.

Pada zaman itu, Sebelimbingan yang juga sebagai kota pertambangan batu bara, sudah ada sebelum Belanda datang ke Kotabaru.

Baca: Weleh Weleh! Ternyata Bupati Subang Imas Aryumningsih Ini Baru Menjabat 6 Bulan Lho

Konon ceritanya, pada 1955 tepat pada bulan Puasa, pukul 04.00 Wita, kota Sebelimbingan dibakar oleh orang-orang yang tidak puas dengan pemerintah pusat kala itu, sehingga hanya puing-puing yang tersisa.

Kota Sebelimbingan kini hanya tinggal kenangan, hilang selamanya.

Untuk mengenang kejayaan masa lampau Sebelimbingan, Pemkab Kotabaru pada zaman pemerintahan Bupati H Irhami Ridjani, berencana akan 'mengembalikan' kejayaan kota tua itu menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kotabaru. Sekarang telah berdiri beberapa perkantoran.

Baca: Denada Mengaku Penuh Dosa, Demi Anak Apapun Saya Terjang

Selain pusat perkantoran bagi seluruh SKPD, kota Sebelimbingan juga akan dibangun berbagai fasilitas pendukung diantaranya jalan raya, penerangan jalan umum, masjid dan perumahan pegawai.

Bahkan kini sudah ada ratusan pula perumahan pegawai selesai dibangun sejak 2014 silam. (*)

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved