YABN

30.000 Warga Tabalong Ikuti Gerakan Massal Perangi Sampah

Clean Up Tabalong Day (CUTD) 2018 yang dilaksanakan pada Senin (26/2) dimulai dengan senam massal di halaman Tanjung Expo Center

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti
istimewa
Clean Up Tabalong Day (CUTD) 2018 yang dilaksanakan pada Senin (26/2) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Clean Up Tabalong Day (CUTD) 2018 yang dilaksanakan pada Senin (26/2) dimulai dengan senam massal di halaman Tanjung Expo Center, Mabuun, Tanjung, Tabalong.

Mengambil tema Sayangi Bumi Bersihkan Sampah, kegiatan yang bertepatan dengan hari peduli sampah nasional ini, selain diikuti sejumlah instansi, baik swasta dan pemerintah, juga serentak dilaksanakan bersama masyarakat yang terbagi atas 7 zona, Pasar Tanjung, Taman Giat Tanjung, Pasar Kapar, Tabalong Islamic Center, RSUD H Badarudin, Simp 4 Pasar Lama, serta di 12 kecamatan se Tabalong, dengan peserta mencapai 30 ribu lebih.

Kendati ditengah guyuran hujan, peserta CUTD yang berhadir dalam acara pembukaan di Tabalong Expo Center tetap bertahan.

Clean Up Tabalong Day
Clean Up Tabalong Day (istimewa)

Dalam sambutannya, Plt Bupati Tabalong, Zony Alfianor mengatakan, pemerintah bersama masyarakat dan seluruh stake holder, terus berusha menjadikan Tabalong bersih dan hijau.

"Sebagai sebuah gerakan, CUTD yang dimulai pada 2015 lalu, ujar bupati, sedianya merupakan partisipatif semua elemen," Ujarnya.

Sebagai wujud komitmen pemerintah daerah, Zony mengatakan, salah satunya dengan menghadirkan angkutan massal bagi anak sekolah dan masyarakat.

"Itu artinya kita sudah menurunkan tingkat pencemaran udara," katanya.

Zony juga menegaskan, bahwa CUTD dipastikan terus berjalan.

Gerakan ini, sebuah wujud guna menjadikan Kabupaten bersih dan hijau. Kebersamaan yang terlihat dalam gerakan ini, juga bukti bahwa Tabalong layak meraih Adipura.

Clean Up Tabalong Day
Clean Up Tabalong Day (istimewa)

Sebagai inisiator gerakan, PT Adaro Indonesia bersama Yayasan Adaro Bangun Negeri, ujar Kepala Tekhnik Tambang Adaro, Suhernomo, CUTD merupakan kolaborasi apik antara pemerintah dan masyarakat untuk mengelola sampah.

Sebagian masyarakat mungkin masih mengingat, pada 21 Februari 2015, timbunan sampah di Leuwigajah, Cimahi, Jabar, longsor dan menimbulkan ratusan korban jiwa.

Peristiwa tersebut, menjadi momentum kesadaran bersama, dengan menjadikannya sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.

"Hal ini juga selaras dengan keinginan Adaro untuk menciptakan masyarakat mandiri dan sejahtera. CUTD sekaligus menjadi wadah interaksi dan silaturahmi bersma masyarakat dan pemerintah, menciptakan Tabalong bersih, menuju Indonesia bersih 2025," ungkapnya.

Mewakili Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Kepala Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan, Kementrian LH, Tri Agung Laksono, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Clean Up Tabalong Day
Clean Up Tabalong Day (istimewa)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved