Berita Banjarmasin

Ini Kata Komisi II DPRD Kalsel soal Usulan Raperda Penguatan Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan dipandang sebagai hal yang sangat penting dalam rangka pembangunan l untuk membentuk manusia indonesia berkualitas

Ini Kata Komisi II DPRD Kalsel soal Usulan Raperda Penguatan Ketahanan Pangan
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman saat panen di HSS (Kominfo HSS) 

BANJARMASINBPOS.CO.ID, BANJARAMASIN - Komisi II DPRD Kalsel usulkan inisiatif Rancangan Peraturan Daerah Penguatan Ketahanan Pangan. Rancangan peraturan daerah (Raperda) ini merupakan perda yang sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan pangan.

Ketahanan pangan dipandang sebagai hal yang sangat penting dalam rangka pembangunan l untuk membentuk manusia indonesia berkualitas, mandiri, dan sejahtera.

Untuk mencapai tujuan tersebut perlu diwujudkan ketersediaan pangan yang cukup, aman, bermutu, dan beragam serta tersebar merata di seluruh Banua," ujar Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Suwardi Sarlan, Selasa (6/3/2018).

Baca: Sadis, Tubuh Masih Berlumuran Darah Pria Ini Beberkan Alasannya Bunuh Sang Istri Secara Live

Menurut Suwardi Sarlan, Ketahanan pangan dapat diartikan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Suwardi mengharapkan melalui raperda inisiatif ini berharap Lagislatif dan Eksekutif dalam hal ini Pemprov Kalsel terus meningkatkan sarana dan prasarana pertanian seperti: pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sebagaimana dilakukan oleh perangkat daerah yang membidang urusan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan supaya ketahanan pangan bisa diwujudkan.

Baca: Hasil Crystal Palace vs Manchester United - Come Back! Manchester United Menang 3-2

Untuk mencapai ketahan pangan, Pemprov Kalsel harus fokus pada pangan pokok dan produk lokal jangan sampai potensi didaerah terkikis atau sampai habis karena pemerintah lebih banyak mengimpor bahan makanan.

Namun mengembangkan produksi pangan yang bertumpu pada sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal serta mengembangankan efisiensi sistem usaha pangan.

Unsulan inisiatif Rancangan Peraturan Daerah Penguatan Ketahanan Pangan diamini di dalam Rapat Paripuna Internal DPRD Kalsel yang dimpimpin oleh Ketua DPRD kalsel, Burhanuddin. (*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved